Thursday, June 17, 2010

Dan Mimpi Itu Benar...

Pengen cerita saja satu dari pengalaman hidupku.

Tgl 31 Juli 2005 sehari setelah aku ultah, aku mengikat janji sehidup semati dgn ayahnya NaGa dlm suatu pernikahan yang suci di salah satu gereja di Jogja. Tepat 2 bln setelah pernikahan kami, aku dinyatakan hamil. Puji Tuhan sekali tidak perlu menunggu lama utk menimang baby.

Saat pemeriksaan USG diusia kehamilanku 3 bln, kulihat dilayar monitor kantong kehamilanku terbelah dua dan dokter menyatakan kalo aku hamil kembar. Kaget tak percaya campur senang kala mendengar berita itu dari dokter. Oh Tuhan Kau berikan kami anak kembar. Terimakasih Tuhan. Kusampaikan kabar gembira ini ke orang tua, mertua, kakak adik, sanak sodara, teman - teman dan mereka surprise dan heboh. Banyak ucapan selamat mengalir ke kami. Setelah dirunut, ternyata dari pihak keluarga ku dan keluarga suamiku memang ada keturunan kembar semua. Wah mantap...

Kujaga kehamilanku dgn sangat hati2 sekali mengingat ini kehamilan pertama dan kembar lagi. Tiap bulan selalu ku kontrol perkembangannya ke dokter langganan kami dan dokter menyatakan semua baik baik saja. Si jabang bayi dalam keadaan normal dan sudah pada tempatnya sendiri- sendiri dlm arti  tidak ada kemungkinan kembar siam. Ketika usia kehamilanku ke - 6, diketahui jenis kelamin anak kembarku cowok semua. Pass sekali dgn keinginan kita. Dan juga riwayat kembar dikeluarga kami, jenis kelaminnya juga cowok semua. Kok bisa sama semua ya, ah hanya kebetulan saja.

Menyambut kelahiran anak kembarku, pastinya suka cita sekali. Semangat sekali.  Semua perlengkapan kehadiran si kembar, kita siapkan double semua. Sampai - sampai suami sudah membelikan mobil2an double semua jumlahnya. Menginjak usia kehamilan ke-8, aku makin sering kontrol ke dokter dan dokter menyatakan si kembar baik - baik saja. Dokter memperkirakan HPL ku akhir Juni 2006.

Pas tgl 14 Juni 2006 malam sudah kurasakan kontraksi yg mulai sering. Karena aku sudah tidak tahan, tepat jam 2 dinihari 15 Juni 2006 kuminta suamiku mengantar ke RS. Sampai di RS langsung diperiksa dan ternyata sdh pembukaan 3. Tiap 15 menit suster selalu memeriksa detak jantung anakku. " Ini yg satu ya bu". trus sambil nyari satunya lagi " ini kembar satunya lagi bu detak jantungnya", begitu kata suster.  Sampai jam 10 pagi 15 Juni 2006, pembukaan tidak meningkat padahal perut rasanya luar biasa. Tiba - tiba jam 11 an , suster minta aku tanda tangan utk operasi. "Hah operasi sus". kataku. "Iya bu ini suami yg minta. Ibu harus tanda tangan. Ini dokter sdh menunggu di ruang operasi," balas suster. Hati ini sebel pengenku lahir normal. Tapi mau gimana lagi harus manut sm suami.

Di ruang operasi, dokter dan tim sdh menungguku. Aku dibius lokal so aku masih denger dokter ngobrol ma asisten2nya. Dokter berhasil mengangkat anakku yg satu, dan asistennya menunjukkan ke aku. "Ini puteranya bu. Semua normal", kata asisten dokternya. Dan ketika dokter mengangkat si kembar satunya dokter kaget," loh Bu ini puteranya kok sudah meninggal". " Apa dok sdh meninggal," timpalku. " Ini sudah meninggal lebih dari 2 hari Bu, kulitnya sdh menghitam dan mulai mengelupas", lanjut dokternya. " Loh kok bisa dok kan tadi diperiksa detak jantungnya masih dua dok", kataku. Meledak tangisku di ruang operasi. Asisten dokter sibuk menenangkan aku. Kok semua bisa begini. Kucoba protes sama dokterku karena pemeriksaan terakhir dokter bilang ok-ok saja.

Dalam tangisku langsung teringat semua firasat mimpi yg kualami selama kehamilanku namun selalu ku tepis dan tidak pernah terpikirkan kalo mimpi itu menjadi nyata. Dimasa kehamilanku sering sekali aku bermimpi menggendong satu anak laki - laki bukan dua anak. Kupikir hanya mimpi biasa. Kedua ku pernah mimpi ada didalam kamar dan didalam kamar tsb ada dua pigura foto, pigura satu ada fotonya jelas seorang anak laki2 dan pigura yg satu tidak ada fotonya alias kosong. Mimpi ini pun kuanggap lalu saja. Dan mimpi ketiga aku dijumpai tiga orang wanita semua berambut panjang semua memakai jubah panjang. Wanita pertama berkata kepadaku," selamat ya mau punya anak kembar". Trus wanita kedua bilang," tapi yang satu meninggal". Wanita ketiga tersenyum seakan akan mengiyakan omongan wanita kedua tadi. Jelas kaget dapat mimpi seperti itu. Omongan wanita tsb jelas sekali. Ah hanya bunga tidur ,'pikirku. aku tidak cerita pada siapa2 bahkan ke suami.

Tapi mimpi itu benar adanya. I have to lose one of my twins. Sedih dan sedih pastinya. Ibu mana yg mau kehilangan anaknya. Kudengar dr Ibuku kalo suamiku menangis meraung raung di RS ketika mengetahui satu dari sikembar meninggal dunia. Kucoba ikhlaskan semua. Semua pasti terbaik dari Tuhan buatku dan keluargaku.Syukurlah Tuhan masih mempercayakan satu dr si kembar utk selalu bersama kami hingga sekarang. Kami namai anak itu BERHAND HARYO KRISHNANDA ( NANDA ) utk kakak Nanda kami beri nama METODIUS ( METO ).  " Kakak meto rumahnya dimana buk", begitu Nanda bertanya kepada ku. Kujawab," Rumah kakak meto ada di surga bersama Tuhan Yesus".

Yg kusesalkan dr peristiwa ini adalah dokternya. Tiada rasa bersalah sedikitpun. Suamiku menunggu dikantornya untuk mendapat keterangan sebab meninggalnya si kembar. Tidak muncul sedikitpun. Harusnya dia sdh bs melihat kalo ada apa2 dgn kondisi anakku. Tapi ya sudahlah..tidak mau menyalahkan siapa pun biar anakku tenang disurga. We miss you kakak Meto. Sudah 4 thn kau mendahului kami disurga. Kalo kulihat Yoga terbayang wajah Meto karena wajahnya sangat mirip. " Yoga ki ijol e / pengganti Meto ," kata ibuku  Ah jadi nangis aku....huhuhuhu


95 comments:

  1. TFS mbak
    /terharu/

    Kk Meto pasti sudah bahagia di sana =)

    ReplyDelete
  2. ohhh ya ampun mba esti, jadi mas nanda ini kembar ya?? kebayang kalo yang 1 ga meninggal mba esti skrg punya 3 jagoan ya???

    menurut ajaran kami bayi yang meninggal ibarat tabungan u/ orangtuanya di akherat nanti...

    ReplyDelete
  3. Mbak Esti..aku jd pengen nagis baca ceritamu,...
    aku percaya kakak Meto sudah bahagia berada di samping Bapa...

    *mewek*

    ReplyDelete
  4. hiks.. mba esti, ak nangis beneran nih... :((
    ga pernah nyangka kl Nanda itu py sodara kembar...
    sabar ya mba, meto adalah tabungan dikehidupan yg akan datang...

    ReplyDelete
  5. tabungan surga mbak, bg orangtuanya....

    ReplyDelete
  6. wahhh baru tau kalau mas nanda itu kembar
    meto pasti sudah bahagia disana ya mba..

    ReplyDelete
  7. terimakasih. iya sdh diikhlaskan...

    ReplyDelete
  8. sama2 ummu. pasti ya ummu kalo meto bahagia disurga.

    ReplyDelete
  9. ihiks :((
    sabar yah Mbak Esti...
    Sekarang kak Meto udah bahagia disana :)

    ReplyDelete
  10. iya nanda kembar mba diz. seru kali ya 3 jagoan dirumah ehhehehe..ibarat tabungan gimna mba diz ? maap kagak tau

    ReplyDelete
  11. waah nanda hbs ultah yaa...telat nih ngucapinnya met ultah yaa nanda ..smg pnjg umur sehat selalu dan jd anak kebanggaan orang tua ya....*buat meto smg tenang disana karena Tuhan lebih menyayangi meto...sabar ya mba es...smg besok nanda yoga dibikinin lagi adek kembar ya mba..

    ReplyDelete
  12. iya jadi nanti alm mato akan menolong mba esti saat di akherat nanti, ini kalo dari pemahaman agama kami mba...

    *oppss maaf bukan maksud bicara ras yaa...

    ReplyDelete
  13. baru tau kalo nanda kembar...
    wah meto ama garin udah di surga ya mbak est ;)

    ReplyDelete
  14. hikss... ga nyadar, iya nih, met ultah ya mas nanda.... smoga panjang umur dan sehat sll, ga jail2 lagi aahhhh....

    ReplyDelete
  15. Sediiiiih.... Insya Allah Meto sudah bahagia disana ya Mba Esti...

    ReplyDelete
  16. oalaahhhh...baru tau nanda ternyata kembar...huwaaaaaa...meweekkk siang2 niyy.....
    yg sabar ya mbak esti...InsyaAllah kak meto mendpt tempat terbaik disisi-Nya....
    brarti hari ini mas nanda ultah duonkk..?? met ultah ya maass...smoga pnjg umur..sehat slalu..tambah pinter ...:D

    ReplyDelete
  17. hehehe aku bikin mba san nangis..maap ya

    ReplyDelete
  18. Kakak Meto, RIP yaaa.
    Kak Nanda, selamat ulang tahun, semoga panjang umur selalu, amiiin.

    ReplyDelete
  19. oh gitu ya...seneng aku sdh ada penolongku diakherat nanti. ah mba diz ini ga ada hub. nya dgn ras kok. santai saja. aku malah seneng dapet info gini. tfs mba

    ReplyDelete
  20. wee baru tau nanda kembar..ikhlas mba,kadang memang maunya manusia ga selalu sejalan dengan kehendak-Nya..

    ReplyDelete
  21. haduh.. aku mewek mbacanya.. baru tau ..
    peluk-peluk ....

    ternyata mimpi terkadang bukan sekedar bunga ya :(

    ReplyDelete
  22. aduuhh bacanya sedih nihh :(, yg sabar ya *hugs*

    ReplyDelete
  23. Aku br tau Nanda kembar, Mba Est.
    Emang pasti sedih bgt kehilangan, tp yakinilah klo anak titipan Tuhan, Dia akan mengambil kapan sajah ;)
    *hug hug*

    Btw, waktu aku hamil jg berkali2 aku mimpi klo aku menggendong anak cowo n ganteng ternyata emang benar, hehehe...

    ReplyDelete
  24. huggss~~~ ikut sedih dengernya mbak:) tp i'm pretty sure, Meto pasti sedang tersenyum disurga melihat Nanda dan Yoga begitu bahagia dalam kasih sayang orangtuanya with blissfull smile...

    ReplyDelete
  25. sampai merinding mbak. Semoga keluarga dan mbak dikuatkan untuk iklhas. Dan dik nanda sehat sellalu. ^_^

    ReplyDelete
  26. HUGS Mbak Esti...hiks..hiks....
    ikut berduka cita atas kehilangan kakak Meto...
    Nanda sayang..selamat ulang tahun ya! Semoga panjang umur, sehat-sehat dan selalu jadi terang dan berkat untuk seluruh keluarga, GBU! :)

    ReplyDelete
  27. Aku jd nangis :( sedih... Hari yg istimewa sekaligus mengingatkan akan kehilangan yg menyedihkan... Hppy bday ya Nanda..smoga jd nanak yg pinter, baik hati, dan sayang sama papa mama.
    Semua memang rahasia Tuhan ya mba...sudah pasti yang terbaik..

    ReplyDelete
  28. aduh baru tau aku mbak Es. *peluuuuuuuuuuuuuk* sampe meriindiiiiiiiing bacanya. yg sabar ya....rencana Tuhan pasti ada hikmahnya...
    Semoga Nanda & Yoga sehat terus.

    ReplyDelete
  29. cup cup jangan nangis bun..aku br saja nangis jg nulis jurnal ini. amin semoga meto menjadi penolong kami kelak ya bun

    ReplyDelete
  30. iya teh nanda tu kembar aslinya. yah Tuhan yg menentukan ya Teh. pasti teh Meto dah bahagia disurga skr.

    ReplyDelete
  31. iya mba arin. sdh sabar dan ikhlas kok. tfs ya buww

    ReplyDelete
  32. iya habis ultah kemaren tgl 15 juni. emak e males upload potonya hehehehe. waaaa adek kembar lagi ???..

    ReplyDelete
  33. hah garin knp mak ?? gimana ceritanya ?? sakit kah ?? pasti anak2 kita sdh tenang disurga mak. peyuk mak suci.

    ReplyDelete
  34. tfs tante. smg nanda tambah kritis, pinter ya

    ReplyDelete
  35. merinding akuu...
    jd Nanda punya saudara kembar yaa..

    ReplyDelete
  36. Garin sakit mak.... :(
    ini kisah perjuangan kami http://sucirosary.multiply.com/journal/item/10/.._Its_Still_Hurt.....
    ps : ati2 mewek hihihihi

    ReplyDelete
  37. hehehhe..ayo semangat upload poto. ditunggu ya mba fit

    ReplyDelete
  38. hik.....melow aq.......sabar ya mba......yakin meto sudah bahagia di surga....

    ReplyDelete
  39. dah kubaca mak..aseli mewek aku. garin dah kenalan ma meto disurga tu heheh

    ReplyDelete
  40. met ultah buat mas nanda, dan RIP buat mas meto...Tuhan emang dah ngijoli dengan hadirnya yoga...

    ReplyDelete
  41. nanda kembar mi. tfs ya mi. semua sdh terbaik dari Tuhan buat keluargaku

    ReplyDelete
  42. ya ampun mom.. aku sampe merinding bacanya...T.T

    met ultah buat kakak Nanda ya.. semoga jadi anak yg baek hati, cerdas, serta sayang orangtua...:)

    ReplyDelete
  43. he eh nanda kembar. setuju mak nin. dgn kejadian ini semakin mengerti Tuhan empunya hidup hehhee

    ReplyDelete
  44. wah,aku ikut sedih ya bu... T.T

    tapi alhamdulillah diberi Nanda yang sehat dan cerdas...

    ReplyDelete
  45. skr aku semakin sensi sm mimpi mba. kalo pas mimpi buruk gitu langsung doa ke Tuhan minta agar tidak terjadi hehhehe. parno aku jadinya hehehhe

    ReplyDelete
  46. mom jules mimpi gendong anak laki2 juga ya. bener ya mimpinya. wah ini jadi hipotesa deh. sekali lagi ada kesaksian mimpi gendong anak laki2 dan benar mimpinya bisa kita simpulkan ya hehehhe

    ReplyDelete
  47. Terharu mbak Esti bacanya...
    Jgn sedih lagi yaaa...kan dah ada Meto junior disamping keluarga mbak, Yoga...

    Terus terang, aku baru tau lho klo Nanda punya kembaran...

    ReplyDelete
  48. hugssss Mbak, jadi Nanda punya kembaran yaa...Insya Allah Meto jd tabungan di surga Mbak Es...:)

    Kalo baca cerita2 ttg anak yang meninggal, aku suka teringat lagi keguguran ku dulu di usia janin 7 minggu, Kakaknya Devan juga sudah tenang disana, Insya Allah :)

    ReplyDelete
  49. hiks...td dah komen ehhh ilang :(

    sediiiihhh bacanya mbak
    seperti kata yang lain, akan menjadi titipan amal buat mbak...
    *jadi pengen memelukkk...

    ReplyDelete
  50. Mbak esti, peluk...:'(meto jd malaikat di surga. Jd sedih pi berarti..
    Selamat ulang tahun bt kak nanda yaa. Sehat slalu sayang,jagain mama yaa.

    ReplyDelete
  51. *hugs..baru tau kl nanda ternyata punya kembaran..buat mamanya jgn sedih ya kan udah ada adek yoga..met ultah ya kak nanda moga tambah pinter ya...

    ReplyDelete
  52. aku bisa bayangin mba gimana sedihnya saat itu....insyaalloh semua yg terjadi pada kita adalah yg terbaik menurut Tuhan.....jangan sedih ya mba....
    btw kalo aku ya mba...mimpinya ga pernah jadi kenyataan biasanya malah kebalikannya...tp terkadang mimpi ya cuma bunga tidur....

    ReplyDelete
  53. ihiks..merindiiiinnng bacanya...
    terharu....ternyata bunga tidurnya jd pertanda y mba es..
    *peluuugghh*..^^

    ReplyDelete
  54. sedih sekali ya, tapi semua ini bagian dari rencana Tuhan.

    ReplyDelete
  55. terimakasih mba ning. we will see Meto later in heaven. ameen

    ReplyDelete
  56. amin. ya skr sdh ikhlas semua mom. itu pasti yg terbaik dari Tuhan.

    ReplyDelete
  57. peluk juga mom kristin. terimakasih ya mom. meto sdh tenang di rumah Bapa skr. we miss him very much.

    ReplyDelete
  58. betul mama. ketika ulang tahun nanda jadi teringat si meto. antara sedih dan bahagia. paling ketika ada kesedihan itu dateng sll pasrah kepada Tuhan kalo mmg ini sdh jalan Tuhan buat kita. thanks ya mama

    ReplyDelete
  59. makasih mba tika. hanya pgn share salah satu pengalaman hidupku saja hehehehhe.

    ReplyDelete
  60. betul mak ra, nanda punya satu sodara kembar. he is in heaven now.

    ReplyDelete
  61. hai mba rat..makasih ya. betul Gusti wis ngijoli meto hehhehe. kpn mudik kudus bu ?

    ReplyDelete
  62. thank you mom. amin amin doa mom terkabul buat nanda

    ReplyDelete
  63. thanks atas simpatinya teh. iya bersyukur nanda sehat. smg selalu sehat teh

    ReplyDelete
  64. hehehe tks mba vi. bener dah ada meto junior aka yoga heheh

    ReplyDelete
  65. peluk juga ma win. semoga meto menjadi penolong keluarga kami kelak mba. ooh mba win pernah keguguran juga ya ? gimana ceritanya mba ?

    ReplyDelete
  66. amin semoga meto menjadi malaikat penolong kami di surga kelak. thanks mba nia

    ReplyDelete
  67. peluk juga mak e fera. lama tidak mengudara ni..makasih ya mba

    ReplyDelete
  68. hugs mba nelly juga. sdh ga sedih lagi kok mba cuma terkadang inget saja hehehhe. thanks ya mba

    ReplyDelete
  69. betul mba semua sdh rencana Tuhan dan terbaik buat keluargaku. emang bener kok mba ga semua mimpi itu firasat akan suatu hal yg terjadi. kadang kala mimpi itu hanya kembange wong turu.

    ReplyDelete
  70. betul mak it was not ordinary dreams. it was a clue for my babies. peluk juga mak e nay ah

    ReplyDelete
  71. dulu sedih sedih sekali. ya semua pasti Tuhan telah rencanakan mom. thanks ya

    ReplyDelete
  72. baru baca.... *maap telat komen ya mbak*
    peluk mbak estiiii ....

    ReplyDelete
  73. better late than never hhahehhehe...ga ada acara telat deh mom utk komen. aku pelukkk juga yakkk. berpelukan

    ReplyDelete
  74. sedih, serem dan merinding bacanya....
    Insya Allah Meto bahagia di sana..

    ReplyDelete
  75. merinding bacanya.. ini pasti jalan yang terbaik dari Tuhan.. *hugs

    ReplyDelete
  76. sekarang dah gak sedih ya Mbak, tapi tentunya kenangan Mas Meto tetap sama mbak sekeluarga. Kata orang , dia anak surga, ntar dia yang akan bantu orangtuanya tuk masuk surga :). Btw, perlengkapan baby yang belinya double diapain mbak ? Karena pada saat itu pasti gak kuat ngeliatnya ya. Maaf banget mbak, gak niat ngungkit kesedihan masa lalu :)

    ReplyDelete
  77. baru sempat baca full mba...smua pasti ada hikmahnya mba...hugs mba esti

    ReplyDelete
  78. aku baru baca juga mba est
    pagi2 mataku jadi berkaca2...pasti sangat sedih saat itu
    tp biarlah itu jadi kenangan bukan kesedihan yg melemahkan iman.
    nanda dan yoga sehat2 yah...
    nanda happy bedei sayang...jadi anak kebanggan dan memuliakan Tuhan seumur hidupmu ya
    eh..kapan ada dedek lagi??

    ReplyDelete
  79. ehhehe ga tau bunda 2i komen. thanks ya bun. amin meto is awaiting for us in heaven now.

    ReplyDelete
  80. terimakasih mom. salam kenal dr kami.

    ReplyDelete
  81. amin. meto anak surga yg akan membantu orangtuanya. hmm..ga kuat sekali mba liatnya. kusimpen di gudang mba awalnya trus ibu mertua nyaranin dikasihkan orang saja utk nambah "amalnya" meto. yo wis akhirnya kukasih sodara ku yg abis lairan mba. kan malah berguna juga.

    ReplyDelete
  82. hai mba dee. thanks ya. peyuk diterima hehhe

    ReplyDelete
  83. ya tentu mba sedih sekali waktu itu. kita ikhlaskan saja krn semua sdh terbaik dari Tuhan. puji tuhan naga sehat2 saja mba. hehehehhe cukup dua wae Eda. pendidikan mahal skr hehehhe

    ReplyDelete