Friday, April 23, 2010

SEORANG ISTRI

Suatu hari ada muncul sebuah pernyataan dari salah seorang teman saya yg mengatakan sebagai istri kita yang harus selalu mengalah dgn suami dalam berumah tangga. OH NO!!!. It is not fair for every woman then. Secara pribadi saya tidak setuju dgn pernyataan teman saya itu. Bagi saya berumah tangga bukan masalah mengalah ato tidak. Bagi saya pribadi berumah tangga adalah komitmen dan kompromi. Komitmen selalu menjaga keutuhan pernikahan / keluarga. Komitmen utk tidak neko2. Lurus selalu utk keluarga. Satu lagi yaitu kompromi terhadap pasangan. Yg dimaksud disini pabila ada suatu permasalahan, sangat tidak fair ato menjadi tersiksa bila pihak istri yg harus mengalah dan mengalah terhadap suami. Ibarat neraca, neracanya akan timpang, tidak balanced. Menurut saya ada kalanya kita / istri mengalah  dan ada kalanya suami yg mengalah. Tergantung permasalahannya. Tidak bisa satu pihak harus selalu mengalahhh terus dan yg satu pihak "menang" teruss. Saya yakin akan ada tekanan batin bagi yg bs melakukan hal tsb.  dgn kompromi damai terhadap pasangan, semua permasalahan dpt teratasi dgn win win solution. Satu lagi saat kita harus " mengalah"  kita harus menghilangkan ego kita.  setuju engga mommy ???

*sabtu siang teng sambil nunggu waktu pulang*

31 comments:

  1. Setuju mbak. Pernikahan adalah sesuatu yg indah. Apakah akan jadi indah kalo salah satu pihak dipaksa selalu mengalah? Komunikasi. Itu yg penting.

    ReplyDelete
  2. kalau Nana suka gak mau ngalah akhirnya dibilang keras kepala deh :)

    ReplyDelete
  3. yak betul satu hal penting juga komunikasi. tentunya open communication ya...

    ReplyDelete
  4. betul mba, tp entah aku termasuk istri yg egois atau beruntung, krn selama hampir 5thn pernikahanku, selalu suamiku yg mengalah dan minta maaf duluan, meskipun aku yg salah, hehehe.. ***kayaknya egois ya :-)
    tp dari situ aku mulai belajar utk selalu toleransi dan tetap mhargai suamiku, malah aku makin sayang..

    ReplyDelete
  5. wow really mba ? you are so lucky then. suami ajaib hehehhe. satu pesenku jgn gunakan kebaikan suami mba utk neko2 ya hehehhehe. jarang lho ada suami begitu..

    ReplyDelete
  6. hahahaha, untungnya aku masih istri yg cukup tau diri.. :-)

    ReplyDelete
  7. U're so lucky, say.. =)
    Iya, setuju ma Jeng Esti.. kompromi & komitmen.. =)
    Kalau hanya salah satu pihak yg terus menerus mengalah, pasti lama2 akan jadi beban di hati..
    Kedua belah pihak harus saling sadar untuk saling mengalah & mencari jalan keluar yg paling baik dari setiap permasalahan hidup.. =)

    ReplyDelete
  8. setujuuuuu... saling mengalah untuk kebaikan dan keharmonisan bersama.. walopun pada prakteknya kadang sulit dilakukan.. hehehe :)

    ReplyDelete
  9. Bener bgt mba..
    Krn istri jg kan sama2 manusia..kl ngalah terus nanti semua rasa ga enak itu dipendam,saat ud overload ga sanggup pendam lagi,malah akan lebih berantakan..kompromi itu jalan yg paling baik..mencari winwin solution dan bs memecahkan permasalahan..jd ga ada tuh pendammemendam..yg menyakitkan..
    Hehehee..

    ReplyDelete
  10. kalau ibuku selalu mengajarkan dalam pernikahan tidak ada yg 'menang' atau 'kalah', karena dengan menikah 2 menjadi 1.
    jadi kuncinya adalah sabar dan saling mengalah, tanpa melihat apakah suami atau istri :)

    ReplyDelete
  11. aku mah gantian, kl kemaren suamiku udh ngalah.. sekarang aku yg ngalah.. gituu aja terusss... kekekek

    ReplyDelete
  12. gimana2sih emang suami kepala keluarga..tapi istri kan partner ya? bukan keset...=P
    jadi yaaah gimana baiknya lah..kalo 2 emosi sebisa mungkin 1nya sabarr tahan diri dulu.

    ReplyDelete
  13. yang jelas sih kita kan partner...saya sih tergantung kasusnya lah... kalo emang saya yang salah, saya gak akan gengsi buat ngalah dan minta maaf...

    tapi kalo kasus nya dia yang keliru, ya harus mau nyadari juga dong...buat kebaikan bersama...

    ReplyDelete
  14. sulit dilakukan krn kita harus meredam ego kita..betul engga mom ?

    ReplyDelete
  15. mba nia, ibunda termasuk orang yg tdk konvensional ya walopun terlahir di era lama. acungan jempol buat ibunda mba. ga semua ibu yg terlahir di era lama mempunya pikiran yg terbuka sperti ini lho..

    ReplyDelete
  16. @ mbak esti : betul
    aku bersyukur banget ibuku mampu berpikir maju ke depan dan mampu memberikan arahan dengan tepat
    walau kadang caranya keras tapi kami akhirnya belajar pernikahan itu berat dan serius...

    ReplyDelete
  17. ibu mertuaku termasuk orang yg masih berpikir konvensional mba. kalo si istri harus ngalah. pas beliau ngendika begitu ya aku iya kan saja walopun prakteknya aku engga seperti itu.

    ReplyDelete
  18. he3...sama, mertua ya begitu
    makanya kadang suka clash, krn aku dididik dengan cara yg berbeda
    kl dah gitu, ayah yg aku suruh maju :)

    ReplyDelete
  19. oh iya mertua mba nia juga gitu ya. untung ibu kita berbeda cara perpikirnya ya hehehhehe. suamiku cenderung pendiem mba. jadi kalo pas ibunya ngendika hal2 semacam itu. kita berdua manggut2 saja. kalo kita counter takutnya sakit hati. manula biasanya dah sensi to hehehehe. eh mba, aku pgn beli ace wet bag mu dung. aku di pm ya. utk kopinya, suamiku eman2 katanya. maap ya blm bs beli utk kopinya. kata suami cukup kopi luwak yg biasa saha ehhehehe. aku tunggu pm nya ya

    ReplyDelete
  20. Setuju...
    Tapi aku tipikal bnyak ga mo ngalahnya ma suami, bawel bin cerewet juga, kkkkk *PR nih!*

    ReplyDelete
  21. heheehhehe...kasihan papa 2A. untung papa 2A loves you so much jadi ga neko2 xixiixixi. ayo PR nya dikerjakan lho.

    ReplyDelete
  22. setuju teh...we are a partner not a konco wingking. aku juga gitu teh kalo mmg aku merasa salah, aku akan besar hati akan minta maaf. siip teh

    ReplyDelete
  23. setuju Mbak..ini yang kadang2 susah..masih suka kegedean ego nih..untung pappy-nya Anna masih suka ngalah ;p

    ReplyDelete
  24. beruntung punya suami yg masih mo ngalah mom hehehhehe...oia, kacangnya dah nyampe belum mom ??

    ReplyDelete