Sunday, April 18, 2010

Mommy semua pernah ga marah marah sm anak. Tadi pagi nanda begitu cengeng. Sedikit sedikit nangis sampai ga terasa kuluapkan emosiku. Marah marah ke Nanda. Dah keburu waktu utk pergi kerja, Nanda begitu rewelnya. Sampe kantor baru inget kalo aku puasa hari ini. Oh Tuhan ternyata aku ga lulus ujianMu, pagi pagi dah marah marah sampe lupa kalo aku puasa hari ini. Ada rasa sesal kenapa aku ga bisa sabar menghadapi anak. Ini ujian utk puasa ku hari ini. Ampuni aku Tuhan ( sambil mewekkk..)

61 comments:

  1. pernah lah bu, pasti.....

    tapi kan kita marah pasti karena ada alasannya... yang penting tak destruktif. anak saya hafal kok saya galak, tapi kalau orang tanya, "ibu kenapa galak ?". mereka jawab., "kalau teteh nakal sama ade", atau "kalau ade berantakin rumah gak mau beresin mainan"

    saya juga suka bilang, "maaf ya ibu galak tadi, soalnya....." sebutin alasannya....

    kayaknya gak mungkin ya ada mama yang gak pernah marahin anaknya....

    ReplyDelete
  2. huuuhuu sabar ya mbak esthi..ibu juga manusia biasa.. punya emosi :)
    barra aja kadang aku bentak..karna kadang kalo lagi capek..dia lagi banyak tingkah gak mau diem..rasanya mo marah :(

    ntar pulang kantor minta maaf aja sambil beliin kue..hehehehe

    ReplyDelete
  3. hiks teh...

    teh, aku baca komenmu seperti dapet "temen". iya teh, aku nanti pulang kerja mo beliin sesuatu buat nanda sambil mo minta maaf. ada rasa sesal sekali marah2 sama nanda tadi.

    ReplyDelete
  4. hheheehe sama...apalagi klo pas dikasih penjelasan klo bunda ga bisa ajak anak2 karena memang tidak boleh bawa anak2, tapi tetep saja si kakak (biasanya se) ngotot minta ikut...alhasil ya meluap emosi, belom lagi mobil jemputan kantor udah klason berkali2, duh makin kenceng aja marahnya...hehehehe
    tapi biasanya klo pas senggang, dari kantor ku telp anak2 kok, ya say sori dan *nanti mau dibawain apa?* hahahaha...
    yg terakhir jangan ditiru, katanya se ga baik ngebujuk anak pake jurus gituan, ngajarin boros!!! wakakakakak....

    ReplyDelete
  5. aku mewek banget ni mom. menyesal sekali...hu hu hu..

    ReplyDelete
  6. betul mb Esti..
    Jo jg terkenal galak.. terutama kalo Micah lagi ga mau makan, duh, emosi jiwa dehhh..
    makanya Micah terkadang milih nempel sama Ompungnya kalo Jo lagi galak..
    tp biasanya Jo minta maap langsung qo sama Micah..

    ReplyDelete
  7. kita ibu ibu kan problemnya sama....

    aku juga lagi ngerasa salah *kayak ibu bekerja*, orderan lagi numpuk, gak punya pembantu, jadi terpaksa anak anak main sendiri...

    suka sedih denger teriakan mereka dari ruang tv "ibu...temenin akuuuuu"... duh...

    ReplyDelete
  8. pasti ada rasa menyesal kan mom habis marah2 ke anak. knp ga bisa sabar ngadepi anak. bener kata mom suci ibu juga manusia ya. tapi akan lebih baik lagi kalo kita bs sabar ngadepi anak...kapan aku bs punya usus panjanggg

    ReplyDelete
  9. bagaimanapun akan lebih baik kalo kita bs ngadepi anak tanpa harus marah2, betul kan teh ?? ( tergantung permasalahannya juga kok ya teh ). kdg setelah kita merenung begini, ada suatu penyesalan tnp marah2 pun kita bisa menyelesaikan permasalahan itu.

    ReplyDelete
  10. saammaaa mbak....musti wajib harus terus belajar sabaaaaarrr nih emak2....^^
    apalagi klo gak bisa nemenin maen....huhuuu....
    lope...lope....anak2 kita deh maakk!!

    ReplyDelete
  11. Pernah Es. Pernah banget.

    Sepakat sama Ceu Kathy. Kita kan marah karena ada alasan. Bukan marah2in ga jelas juntrungan. Justru kalo kita ga pernah marah sama sekali, efeknya ga bagus juga untuk anak kan? Dia ga akan belajar untuk tau mana yang benar, mana yang salah. Nanti malah jadi menjerumuskan anak sendiri. Temennya Dafa ada soalnya yang begitu. Ga pernah dimarahin ibunya, bahkan ketika dia berbuat kesalahan fatal (mukulin temennya). Sekarang anaknya malah jadi kayak habit mukulin temen. Kadang nyubit, kadang mukul, kadang nimpuk pake mainan. Dan itu ga 1-2 anak aja yg pernah jadi 'korbannya'.

    Dan aku juga biasain kalo abis marah, minta maaf sama Dafa. Sekarang Dafa kalo abis aku marahin suka minta maaf juga sama aku. Huhuhu, meleleh deh akunyaaaa.

    ReplyDelete
  12. He3x ibu kan jg manusia biasa. Yg penting jng menjadikan marah anak sbg pelampiasan wkt kt sdg suntuk. Kl marah memang ketika ada tujuanny. Telp rumah aj skrg mb Esti. Pasti Nanda senang. Anyway, you are a very great mother for your children.. ^_^

    ReplyDelete
  13. Mama Jo juga sering galak ya sm Abang...momy2 semua problemnya sama ya blm bs panjang ususnya

    ReplyDelete
  14. marah?? sering, tapi aku lebih memilih diam.. aku tinggalin ajah ngerjain yang lain.. kalau marahku udah turun baru aku bujuk lagi rayya.. itu yang pernah aku baca disebuah buku (lupa judulnya) management marah...
    aku berusaha untuk ga bentak rayya, walaupun masih kadang nada bicaraku tinggi hiks hiks hiks...alhamdulilah so far sudah lebih baik... belum pernah mukul atau nyubit (waktu kecil soalnya aku suka dicubit ibuku kalau aku nakal hikshiks... ga mau itu terjadi sama rayya)

    ReplyDelete
  15. sering mba :( masih tekor terus stok sabar ku....rasanya wajar dan manusiawi asal jangan berlebihan...aku klo habis ngomel ntar sadar betapa bodohnya aku wong anak gak ngerti kok diomelin...

    ReplyDelete
  16. dimana yg jual stock sabar ya mom...???

    ReplyDelete
  17. ehm...mungkin definisi 'marah' itu sih yang harus diperjelas.

    ada yang menganggap marah marah itu 'bentakan' ada yang pake 'pukulan dikit', "sentil', 'pojok berpikir', atau macam macam lah cara ibu menunjukkan ketidak setujuan atas perilaku anak... dan kita gak bisa ngejudge juga mana yang lebih baik...asal tidak destruktif itu tadi sih, kalo dah main fisik ya jelas destruktif...

    kalau saya sih gak main bentak, takut dia nurutin dan ikut main bentak sama orang lain (anak kecil kan belum tau, main bentak aja deh salah salah sama orang lain), aku sih cukup melotot dan ngangkat telunjuk, anak anak udah tau "ibu lagi marah"

    intinya sih, seperti kata uwie, asal anak anak tau hal itu tidak seharusnya dilakukan... tinggal caranya disesuaikan dengan kondisi masing masing keluarga...

    cmiiw tapi ya, maklum karierku jadi ibu juga baru 5 tahun, masih harus banyak belajar...

    ReplyDelete
  18. setuju mba wi. cuma utk kejadian tadi pagi aku merasa menyesal sekali. aku merasa ga perlu marah2. maafkan aku ya Nanda. jadi pgn mewek lagi...

    ReplyDelete
  19. sama bgt teh.. ni juga benernya lg marah sama aya yg udh dibujuk2 ga mau makan.. yg ada gw ke kamar aja onlen.. wkwkwkkw..
    sekalian nunggu dia laper, minta makan :D

    ReplyDelete
  20. hai mba tika...ibu juga seperti rocker ya manusia juga hehhehe. apa aku yg sdg mellow, penyesalan itu besar sekali. tadi dah tak telp baru maem mba. ntar aku beliin kue kesukaaanya dia sambil minta maaf hehehehhee. I am not yet great mother, still try to..

    ReplyDelete
  21. manusiawi dan pernah lah mba, kalo ga pernah marah mah angle dunk, hehe...
    palingan kalo abis marah udahannya nyesel.
    di rumah udah menjadi kesepakatan kalo salah satu diantara kami (aku dan ayah) marah, maka ga boleh ada yang belain, meski aku keliru misalnya, ayah ga bakalan negur aku di depan jibran.
    begitu juga kalo aku lagi negur jibran maka si mba dan orang rumah lainnya ga boleh membela, biar jibran mengerti artinya di tegur/dimarahin.

    ReplyDelete
  22. setuju sama Ceu Kathy.. Jo jg kalo marah sm Micah gituh.. ngangkat telunjuk sambil melotot sambil bilang "eeehh.." dengan nada agak tinggi.. lha Micah pan masih 15bln, masak mo dimarah2in..
    Tapi kalo udah gituh pasti Micah langsung memberi senyumnya yg paling manis.. ga jadi marah dee..

    ReplyDelete
  23. ah mak dikau bikin aku ketawa saja. bukannya seneng tu aya ga mau maem kan bs onlen all day long tnp terganggu kekekkekeekkeke...ngawur aja ya mak emang emak mana yg suka anaknya ga mau maem.

    ReplyDelete
  24. pernaah dong...wajar kita marah asal ga sampe kita encubit atau memukul...oceee...sabaar yaa..ujian nih..*nar jgn lupa beli oleh2 ya buat nanda hehee

    ReplyDelete
  25. barusan ngetok2 kamar mba.. sambil ngomong.. bundaa.. aya mau mamam.. laperrr... hihihi...
    mba mana norekmu.. ta tunggu lohhh...

    ReplyDelete
  26. pernaahh..
    ya emang kita kudu belajar cara marah yg efektif ya.
    jd biar ga nyesel2 banget.
    ntar klo ga marah malah nysel lagi.

    aku klo marah berusaha agar nada suara tetep datar dan ngomong dgn jelas dan tegas.
    kalo anak masih teriak2/nangis2 ya ga bisa diajak ngomong kan? jd aku cuma melotot, trus nyuekin sampe dia lebih reda emosinya, baru dijelasin kenapa aku marah dan yg bener itu dia kudu gmn.
    kalo buat anak2ku sih, nyuekin sampe dia reda emosinya itu efektif mom.. jd daku ga perlu ngomel2 sebenernya.

    kalo abis marah, kadang aku ngerasa marahku lebay. klo gitu aku bakal minta maaf.
    tp klo menurutku aku dah marah sesuai porsi, maka aku ga minta maaf, krn marah itu benernya ga selalu salah kan?
    soalnya klo minta maaf jg ntar bingung dong anak, yg tadi itu bener ga sih?
    yg pasti klo anak dah ada perbaikan sikap, maka aku jg ada penghargaan buat mereka. peluk-cium itu dah cukup buat mereka. kalo tambah mainan, jajan ato jalan2 ya tentu mereka hepi aja :)
    sekarang anak2 makin gampang sih dikasi pengertian. kadang belum sempet kita bereaksi dia dah minta maaf :)
    yaahh.. di-mana2 namanya ortu emang kudu sabaarrr....

    ReplyDelete
  27. hahahahahaa...anak yang pintar.... =)

    ReplyDelete
  28. Pernaaahh mba..tapi y dwah aq diemin aja..ato angkat jari telunjuk..biasanya nayla dah tau klo aq marah..aq diemin samped dia terlihat menyesal..biasanya dia mulai ngerajuk..n pas begitu aq biasanya lgs ngomong..n jelasin..ffiuuh susahnya marah sama anak baby usia 15 bln..ngomong aja belon lancar..jadi marahnya pake bahasa hati..^ ^....
    sabaaarrr y mba esti..namanya jg manusia..pasti ada up n downnya..
    mudah2an dah g mewek..biar nanti pulang bisa kasi senyuman termanis buat nanda..^_^

    ReplyDelete
  29. Nanda lg knp ya mba?..mungkin ada yg buat dia lg ga nyaman..
    Aq jg pernah marah ma Lala, maksa Lala tuk ke kmr mandi pdhl dia bilang dia lg sakit kakinya...huaa..nyesel bgt, krn kayanya bener sakit kakinya(mungkin lg kesemutan/kram kali yah, aq ga tw) soalna pas dah ga sakit dia mah korporatif bgt...=( Pernah jg bete ma Lala krn minta gendong pas malem hr, tnyata krn dia bs liat yg ga ku liat, dan yg diliat serem2...Duhh..moga qta makin sabar dan selalu eling yah mba Es..amiinn..

    ReplyDelete
  30. pernah mba.. kyknya tp stlh marahnya reda yg ada penyesalan...

    ReplyDelete
  31. pernah mba esti.. sering banget malah.. T_T
    biasanya abis marahin, rasanya nyesel bgt ya.. jadi pelajaran buat kita utk lebih sabar lagi, lagi, dan lagi...
    walopun kadang susah banget nahan emosi... duh, jadi ikutan merasa bersalah sama anak q... :(

    ReplyDelete
  32. dapet banyak ilmu lagi hari ini dari mommy2 super.....
    buat mba esti....emang sbg ortu kita musti sering latihan ngendaliin esmosi yak...aku palagi...gak keitung marahnya....juga gak sabaran..bener2 hrs banyak berlatih sabar..msh banyak peernya....:D

    ReplyDelete
  33. very good way teh din... will try this way. thank you alot ya teh dina.

    ReplyDelete
  34. andai ada yg jual "kesabaran " ya mom hehehhehe...

    ReplyDelete
  35. kalo aku pake bentakan teh..hiks hiks hiks...

    ReplyDelete
  36. yah tinggal dievaluasi sih...efektif gak ?

    seandainya jawabannya enggak kan masih banyaaak waktu buat merubah cara kita memberi tahu anak...jangan nyesel ya...*kissandhugs*

    ReplyDelete
  37. aku pernahhhh..*telat komennya*

    seringnya sih kalo nindya susah makan ato baru habis ditatur tapi ngompol lagi..
    marahnya ya paling cima bilang ' aduuuuhhh adek kok gini tooo'
    kalo udah jengkel banget,tak tinggal dulu mba,menenangkan hati dulu kalo udan adem baru pegang nindya
    soalnya aku kalo marah suka lebay...
    tapinya,kalo habis marah gitu,liat anak lagi tidur jadi bawaannya pengen meluuukk aja,kasiaaan anak segitu dimarah2in..melasss

    ReplyDelete
  38. betul teh. I need to evaluate the way I get angry to my kids. thank you so much dear for the new reference.

    ReplyDelete
  39. setuju mba aku dgn caramu marah. kayah teh dina, kita tinggal dulu ngerjain yg lain. stl reda marah kita baru kita bujuk lagi. thank you yo mak sharingnya.

    ReplyDelete
  40. dikau marahnya pake bentakan ato cuma melotot gitu mba ??

    ReplyDelete
  41. ayo gerakan malu bersama mom hehehhe....

    ReplyDelete
  42. mba esti,
    aku sering koq marah sama abang, menurut yg ku ketahui gak masalah marah ke anak, asal efektif
    intinya; marah sama anak bukan karena emosional tapi utk mendidik dan mendisplin

    Abang kan suka juga over acting; manja, semua maunya harus diikutin;
    kl menurutku udah terlalu; aku diamin sampe dia minta maaf
    ntar tak peluk; baru jelasin ke dia kenapa marah
    walo ntar lg diulangi lagi; aku gak kapok2
    lama2 dia ngerti koq; yg mana bisa yg mana gak

    ReplyDelete
  43. hi mama zahra...bener2 ujian utkku kejadian tadi pagi. iya nanti mau beli roti kesukaan nanda hehehhe

    ReplyDelete
  44. ikutan beli klo dah nemu penjualnya!!! cakakakakak

    ReplyDelete
  45. ayo kita cari mom tokonya hehehhe...

    ReplyDelete
  46. thank you ya mom sharingnya. It is so much helpful for me indeed.

    ReplyDelete
  47. mba esti kalo posting banyak manfaatnya niy :)
    aku sering mba...hiks...pengen coba sabar tapi gimana ya...
    kena banget tuh dengan commentnya mba rosshy77 diatas, mudah2an kita smua bisa jadi ibu terbaikuntuk anak2 kita yaa..amiin..

    ReplyDelete
  48. katanya,
    meminta maaf kepada anak setelah marah2 itu baik dan anak belajar bahwa orang tua mereka pun juga bukan manusia yang super,
    manusia tanpa emosi...

    sama2 belajar y mbak...

    ReplyDelete
  49. very good way to manage anger mom. thanks sharingnya ya bun

    ReplyDelete
  50. makkk, nanda emang kadang gitu. suka manja trus cengeng banget. apa2 minta diturutin. biasanya pas aku sabar, aku bs ngadepi mak. cuma pas kejadian itu bener2 aku ga bs sabar hiks...masih perlu banyak belajar jadi ibu yg baik mak

    ReplyDelete
  51. mom farida is good mother deh. you know well how to manage an anger hehehhehe. will try deh mom. thanks banget ya sharingnya mom

    ReplyDelete
  52. hehehhehe namanya manusia ya bun penyesalan selalu diakhir

    ReplyDelete
  53. bener mom jadi merasa bersalah sama anak. yuk kita sama2 belajar how to manage an anger to our children

    ReplyDelete
  54. bener mimi...aku banyak belajar dr mommy2 yg super ini. teh kathy, mom farida, mom roshy dll yg beri pencerahan hehehhehe

    ReplyDelete
  55. ah jadi tersanjung aku mom hehehehe.. syukurlah postinganku berguna bagi momy2 lain. semoga kita bs jadi mommy yg terbaik buat anak2 kita ya mba

    ReplyDelete
  56. ah, blm perfect kok say..
    masih terus belajar.
    kadang ya kelepasan, makanya kudu minta maaf.
    kadang pas anak masih rewel gitu aq dah ngga tega nyuekin, bawaannya pingin segera meluk aja, tp ya kudu ditahan biar anak bener2 tau bagaimana cara berekspresi yg baik :)

    ReplyDelete