Tuesday, March 15, 2011

( Pengingatku ) Hal Memaafkan

Pengen sharing aja siy..serius dikit gpp ya.
Bagiku memaafkan adalah kadang hal yang paling sulit dilakukan. Diriku bukanlah karakter yg bisa langsung memaafkan seketika itu juga saat ada peristiwa / kejadian yg membuat aku terluka / sedih. Aku belum sesempurna itu. Pengen siy seperti itu tapi dah berusaha belum bisa masih beratttt rasanya. Keegoanku masih besar ternyata hehhehhee. Sekarang ini jujur saja aku butuh waktu untuk memaafkan seseorang. Berusaha secepat mungkin untuk memaafkan...

Dulu waktu masih "muda"  hadooh lebih parah lagi. Kalo ada seseorang yg membuat aku kecewa aja aduuh jengkelnya sampai ke ubun ubun sampai kadang terbersit tidak akan kumaafkan "sipelakunya". Ngeriii ya..Nah menurutku keadaanku sekarang ini sudah lebih baik lah drpd jaman "muda" dolooo...Trus kenapa siy aku bisa berubah gini dr yg dolooo sulit sekali memaafkan bahkan cenderung manjadi pendendam sekarang sudah terbuka hati untuk memaafkan. Ada 3 hal kejadian yang menjadi pengingatku dalam hal memaafkan :

1. Dulu ada kejadian dimana kelakuan temanku mengajar membuat aku naek darah banget. Hiiiihhhh rasanya pengen gites tu anak. Kuutarakan kekecewaanku pada teman dekatku eh dgn santainya temenku menasehati," sudahlahhh buang saja kekecewaanmu. mungkin dia terpaksa melakukan hal itu karena keadaan. dimaafkan saja toh Tuhanmu yang maha segalanya saja mau memaafkan umatnya yg penuh dosa mosok kita yg hanya setitik debu penuh dosa tidak bisa memaafkan sesama". Awalnya aku mau membantah perkataan temenku tapi saat aku mendengar dia bilang," Tuhanmu yang maha segalanya saja mau memaafkan umatnya yg penuh dosa mosok kita yg hanya setitik debu penuh dosa tidak bisa memaafkan sesama" Tertohok seribu kali dgn perkataan temanku ini. Aku jadi sadar aku hanyalah manusia yg penuh kesalahan juga. Aku bukanlah manusia suci yg jauh dr segala kesalahan. Luruh segala kekecewaanku dan dendamku mendengar perkataan temanku ini. Bersyukur sekali ada temanku yg mengingatkanku. Thanks ya kawan..

2. Aku dulu punya teman kerja yg notabene pemalassssss sekali plus dibilang ga mudeng mudeng. Disuruh A malah B yg dikerjakan. Bikin ngelusssss dada plus jengkelll. Kalo lagi juengkel gitu aku ga ngajak ngomong tu Bapak. Habis gimana gitu.  Kadang tak sadar aku komplain pada temanku ttg bapak itu. Ah ternyata aku tertohok lagi saat temanku bilang," ga perlu lah jengkel sekali dgn Bapak itu, biasa saja lah. maklumi dan  maafkan kekurangannya. sapa tau suatu saat mba esti butuh sekali bantuan dr si Bapak itu dan tidak ada orang lain selain dia yg bisa membantu mbak esti. Gimana tuh, kan lucu mbak esti jengkel ma si bapak trus ga ngajak ngomong eh tiba tiba krn suatu keadaan mba esti harus minta bantuan dr sang bapak. Nah baiknya biasa2 sajalah". Doenggg doennggg...betapa aku merasa jauuuuhhh sekali dr kedewasaan dlm menghadapi masalah ini.

3. Kejadian ketiga ini yg selalu membuatku untuk cepat cepat dan "terpaksa" memaafkan orang hehehhe. Memaafkan orang kok terpaksa hehhehhe..Saat di gereja mendengar pembacaan firman Tuhan dari kitab Matius aku langsung serius saat mendengar suatu ayat yg intinya Tuhan tidak akan mendengarkan doa kita sebelum kita  memaafkan saudara kita. Berdamailah dengan saudaramu terlebih dahulu sebelum engkau menghadap aku. Oh Tuhan berattt melakukan ini bagiku. Bisakah nego dgn Tuhan utk beri waktu sedikit saja memuaskan kekecewaanku setelahnya baru memaafkan hihihi. Frankly speaking firman Tuhan ini yg selalu "menghantui" pikiranku saat aku ada masalah dimana aku harus memaafkan. Firman Tuhan adalah YA dan AMIN so mau tidak mau, suka tidak suka aku harus segera memaafkan kalo pengen Tuhan mendengarkan doaku.

Tiga hal ini menjadi pengingatku untuk berusaha menjadi pribadi yg pemaaf. Hanya mencoba sharing saja ya tiada maksud apapun. Have a delicious lunch everybody. Yuk memaafkan...

37 comments:

  1. forgiven but not forgoten mba es..kadang aku susah lupa sm kesalahan orang...hiks..belum ikhlas itu mah namanya ya mba es...

    ReplyDelete
  2. maaf & sabar... mudah diucapkan tp terkdg sulit dilakukan.. hrs legowo ya mak.. berusaha sll ikhlas dgn memaafkan org lain.. :)

    ReplyDelete
  3. mak dee, kalo menurutku kita harus memaafkan orangnya tapi jgn melupakan kesalahannya biar tidak terjadi lagi kesalahan itu, imho ya

    ReplyDelete
  4. betul bun akhirnya ya harus ihklasss...kalo ga ada pengingat spt ini diriku lebih sulit memaafkan hehhehe

    ReplyDelete
  5. memaafkan emang berat kalo ga ada ganti ruginya, memaafkan itu cuma lip service sedangkan orang yg dirugikan tetep dirugikan. harusnya ada kompensasi ganti rugi kalo kita udah merugikan orang lain atau orang lain merugikan kita. kalo kita ga bisa minta ganti rugi ya cuma satu cara ikhlas. ikhlas = ga memaksa semesta ngikuti maunya kita.. maaf yg dimaksud ini adalah ikhlas.. krn sesuai teori prilaku wiiliam glaser kita ga akan pernah bisa mengendalikan orang lain dan ga bisa menyuruh orang lain mengikuti maunya kita kalo bukan orangnya sendiri yg pengen. maka kalo ada orang yg memaksa/merugikan kita kalo kita ga bisa maksa/rugikan balik spy bisa sedikit puas/lega ya ikhlas aja dipaksa/dirugikan atau kabur dr paksaan/hal2 yg merugikan kita itu.. sedang si maaf itu hanya sopan santun stlh kita membayar ganti rugi orang yg udah kita rugikan atau sebaliknya.

    ReplyDelete
  6. kalo aku pribadi memaafkan kadang untuk ketenangan hatiku mak walo aku dipihak dirugikan. ga enak deh ada kedongkolan yg tiap hari kita bawa bisa menjadi penyakit hati, imho ya. kata motivator pabrikku buanglah batu kekecewaan dan gantilah dgn memaafkan untuk kesehatan jiwa. imho ya

    ReplyDelete
  7. palagi kalau doa Bapa Kami , mak .... di kalimat "ampunilah kesalahan kami seperti kamipun mengampuni yg bersalah kepada kami"

    nah loohh.. pengen diampuni tp belom bisa mengampuni ? musti sering2 ngaca dehhh .. hehehe...

    tp ya namanya manusia... musti ada usaha dulu baru bisa hihihihi........

    ReplyDelete
  8. huwaaaa benerrr banget tu mak. kadang kita hanya sekedar lip service mengucapkan doa itu ya mak. thanks yo mak mengingatkanku.

    ReplyDelete
  9. kalo aku pribadi sih susah bgt u/ memaafkan, masih harus byk bgt belajar ikhlas .. Yuk belajar bareng Mak ..

    ReplyDelete
  10. ya ya.. enak banget lunchnya maaaak :)

    ReplyDelete
  11. ayuk belajar memaafkan mak. ga enak kan menggembol kekecewaan dihati berlama lama..bisa jadi penyakit kata motivator pabrikku hehehe

    ReplyDelete
  12. susah memaafkan akhirnya hanya meyakiti diri sendiri..soalnya kalo pas inget si dia,hati rasanya sakit..kalo keterusan gitu bisa jadi penyakiittt..mari belajar ikhlas memaafkan bareng :))

    ReplyDelete
  13. susah memaafkan akhirnya hanya meyakiti diri sendiri..soalnya kalo pas inget si dia,hati rasanya sakit..kalo keterusan gitu bisa jadi penyakiittt..mari belajar ikhlas memaafkan bareng :))

    ReplyDelete
  14. setuju walaupun berattttttttttttttttttt

    ReplyDelete
  15. TFS mbak, aku yo susah memaafkan orang tapi sekarang kalo lagi sebel sama orang malah kucuekin, anggep aja ga' ada hehehe sadis banget ya, abisnya ketimbang sakit hati inget kesalahannya, nah kalo disebelin orang aku ya malah cuek banget bisa dikatakan ikhlas deh mo diomongin apa aja lha wong yang ngejalanin hidup aku..:D *tambeng banget*

    ReplyDelete
  16. bener mbak Essti, susah & berat banget memaafkan orang lain bahkan aku pernah difitnah ama teman kantor.. kalo dah gitu doa cuma gini.."kiranya Tuhan memberikan damai sejahterahNya dalam hatiku sehingga aku sanggup mengampuni orang yg bersalah kepadaku" & nyanyi.."ketika hatiku tlah disakiti, ajarku memberi hati mengampuni, ketika hidupku tlah dihakimi, ajarku memberi hati mengasihi....."

    ReplyDelete
  17. Kalo aku malah mudah memaafkan.. Makanya terkadang terkadang jd kayaknya aku dimanfaatkan org lain ato dibodo2in orang lain saking baiknya ato saking mudahnya aku memaafkan (˘̩̩̩.˘̩ƪ)

    ReplyDelete
  18. minta maaf adalah hal yg sulit, tapi mememaafkan bisa menjadi hal jauh lebih sulit lagi......
    tapi bukan hal yg mustahil kan ?
    *ngingetin diri sendiri juga*

    ReplyDelete
  19. TFS.. aku mgkn malah org yg suka ndak mudeng kalo dijahatin org, kalo ndak bener2 didepan mata gitu, dan tergolong mudah memaafkan sih... cumaaan, aku type ngomelan.. kadang kalo udah jengkel, ya drpd aku bete dhewek, ya ngomelah diriku, kalo org yg bikin jengkel gak ada, ya seadanya org.. hihihihih :))... tapi abis gitu minta maaf, bukan maksud ngomelin situ tapi daku kadung bete.. jadi ceritanya berapi2 gituu :))

    eh Mbakyu, percaya gak, kalo ada orang yg jahat ama kita, trs kita cuwek kayak gak ada apa2, tetep sapa menyapa dia kayak normal, tu org blingsatan dan salah tingkah sendiri lho.. sudah pernah dan sedang mempraktekkan.. heheh, jadi lucu liat orgnya salah tingkah, sampe ngudak2 semua org yg kukenal hanya cuman mau cari tau apa aku pernah jelek2in dia atau menyusun rencana keji apaan ;)))) kalo udah kayak gitu, ndak bisa marah lah.. malah merasa lega dan merasa menang heheheheheh, pdhl pas dijahatin ya nelongso gitu sih mbak :)

    ReplyDelete
  20. Tfs mak, aku orangnya tuh kalo ada orang bikin salah sm aku suka susah lupaaa, huhuhu, pdhl kan itu gak boleh banget yaa, emang musti banyak belajar dehhh, smg semakin lama semakin baik yo mak, semakin dewasa kitanya :)

    ReplyDelete
  21. mba es, aku ga pernah bikin salah dirimu kan ya? Kalo memang ada maafkan ya..

    ReplyDelete
  22. setujuuu bangetttt dgn mbok e nindya. memendam rasa sakit hati tiada mau memaafkan akan menjadi penyakit jiwa dan raga...tumben omonganmu bener bu hahahhahhaa *pisss*

    ReplyDelete
  23. emang susah mak tapi tetep kudu dijalanin. ayo belajar bareng utk memaafkan...

    ReplyDelete
  24. tiap orang emang punya trik khusus sendiri utk melunakkan hati saat ada msl dgn orang lain mbak. malah salut dgn dirimu mbak...

    ReplyDelete
  25. hehhehhhehe...tapi bener banget apa yg kau tulis. kita memaafkan setidaknya utk ketenangan hati kita. mbakku yg sakit skr ( breast cancer ) ternyata sering memendam perasaan dendam bu dan sulit memaafkan. makanya skr disuruh relax utk memaafkan dan melupakan semua permasalahan.

    ReplyDelete
  26. aku sering liat di tv pengajian ustad Danu mbak,memang semua penyakit itu asalnya dari hati..pernah dibilang,kalo perempuan belum menikah sakit kanker payudara berarti dia punya ganjalan terhadap orangtuanya,kalo sudah menikah sakit kanker rahim berarti punya ganjalan dengan suaminya..dan banyaaaak penyakit lainnya karena ulah dan hati kita sendiri..ga mau sakit ka??ayooo memaafkaaaann :))

    ReplyDelete
  27. walo berat kita harus mau memaafkan kan bun..bukannya Tuhan yg maha pemaaf saja mau memaafkan kita manusia penuh dosa.
    lagunyaaaa tepat buatku juga...yuk belajar memaafkan

    ReplyDelete
  28. oh iya aku diceritani temenku ttg ustad danu itu. acaranya pagi to? setujuuuu seribu persen semua penyakit asalnya dari hati. bagaimana kita bisa mengelola hati kita. jangan gembol iri, dendam dlm hati ini, pasti akan digerogoti penyakit. semoga kita selalu berusaha menjadi pribadi yg pemaaf ya bu.

    ReplyDelete
  29. pagi bu,ning mnc nek ga salah..
    yuk mariiii...

    ReplyDelete
  30. Jo hebat dirimu manjadi pribadi yg mudah memaafkan. tapi jangan terlalu naif Jo hehhehe

    ReplyDelete
  31. subuh setauku acaranya yo bu...pas jamku dadi babu kui hehhehehe. selalu menjadi pemaaf ya bu

    ReplyDelete
  32. betul bu ping memaafkan bukan hal yg mustahil utk dilakukan. yuk saling mengingatkan utk memaafkan.

    ReplyDelete
  33. hehehhee sing penting dirimu ngomel duluan ya jeng baru lega dihati. ati2 lho ada yg ga suka dgn omelanmu.

    wah hebat yo jeng dirimu bisa mempratekkan ini. aku blm tentu bisa jhe. nek pas jengkel keliatan banget. masih harus belajar utk bersikap ni.

    ReplyDelete
  34. kita sama sama saling belajar mak winse. smg kita menjadi pribadi pemaaf ya

    ReplyDelete
  35. blm pernah buuu..semoga tiada kesalahpahaman yg terjadi diantara kita ya bu. aminnn

    ReplyDelete