Thursday, March 10, 2011

Kenangan itu...

Binun mau nulis drmana saat perasaan blm stabil spt ini.
Senin sore dapat kabar dari suami yg sudah dijakarta sebelumnya kalo Bapak tepatnya Bapak mertuaku akhirnya meninggal dunia setelah kritis sehari semalam di Rs Sari Asih, Ciledug karena sirosis. Saat mendengar berita itu sedih dan menangis pastinya hingga Nanda bilang," aku juga sedih kok Buk". Huwaaa tambah nangis kejer aku...

Saat proses pemakaman I can manage my feeling well, everything went smoothly. Tapi saat malam tiba saat mau tidur semua kenangan tentang Bapak hadir dalam pikiranku begitu kuat hingga tumpah ruah segala tangisku. Masih kuingat segala kenangan ini :

- Saat pertama kali aku diajak Ayah sowan ke jakarta bbrp tahun silam saat masih pacaran, Bapak sempat sempatin masak nasi goreng spesial buat aku. Bliau bilang," iki nasi goreng khusus untuk calon mantuku tersayang" Betapa tersanjungnya aku saat itu.
Maafkan aku ya Bapak kalo selama menjadi menantumu, banyak kekurangan disana sini. Belum sempat berbakti padamu penuh.

- Bapak selalu mengingatkan aku dan ayah akan hal hal yg kecil. Pernah bliau telpon hanya sekedar menanyakan kunci rumah sdh diperbaiki blm. Minta lantai rumah dipel setiap hari biar bersih jauh dr kuman karena cucunya suka klesotan dilantai. Kadang diriku merasa jengah karena hal hal kecil diurusi, tapi saat ini aku kangen hpku berdering tertulis disitu " calling Bapak Jakarta ". Aku kangen Bapak hiks hiks...

- Bapak sering banget mengajak diskusi. Dari hal pribadi sampe msl kerjaan. Kebetulan msl kerjaan kita nyambung, bliau pensiunan dr salah satu percetakan kertas negara sedangkan aku kerja buruh dipabrik kertas jadi nyambunglah diskusi kita. Kadang bliau minta aku berhenti mengerjakan pekerjaan rumah hanya untuk mengajak berdiskusi padahal dlm hati pengen cepet cepet kelarin masaknya. Sekarang tidak ada lagi yang akan mengajakku berdiskusi ...

- Bapak yang memodali kami saat kami jadi kontraktor pertama kali. Kami sudah menyakinkan Bapak kalo kita ada uang cukup untuk mengontrak rumah tapi Bapak ga tega melepaskan kita begitu saja. Bliau memaksa kita untuk menerima bantuannya.

Ah Bapak begitu banyak kenangan tentangmu. Kenangan itu akan selalu hidup dihati dan pikiran kami. Akan kami kenang semangat kerja yg kau ajarkan kepada kami.
Kami sdh ikhlas akan kepergianmu disurga seikhlas engkau menjalani sakitmu. Tanpa ada yang menuntunmu Engkau mampu membuat tanda salib tanda kepasrahan total pada kehendak ilahi akan hidupmu saat masa kritis menyerangmu. Aku yakin Tuhan sudah menyediakan rumah yg sangat indah bagimu.

I miss you. We will meet later in heaven.


61 comments:

  1. Semoga lapan jalannya, semoga damai di tempatnya yang baru ya mbak. Amin.
    Diikhlaskan mbak, biar jalannya lempeng dan gak tersendat sendat.

    ReplyDelete
  2. Turut berduka cita ya bu, sing sabar....
    Btw, itu RSnya koq deket sama rumahku lho...
    Tempat aku kontrol dan lahiran Adil dsana..

    ReplyDelete
  3. turut berduka cita mak...
    bersyukurlah waktu bapak mertua masih ada, beliau sayang sama mak...
    aku malah ga sempet terlalu mengenal bapak mertua, karena beberapa bulan sebelum aku menikah, bapak mertua meninggal.
    sing tabah ya mak...

    ReplyDelete
  4. thanks yo mak. my feeling is better after writting this...

    ReplyDelete
  5. Turut berduka cita mak.. Sedih bacanya ikutan mewek huwaaaaa.. Yg sabar yg ikhlas ya maaaak :(( *peluuuuuuk*

    ReplyDelete
  6. amin aminnnnn....
    kita semua sdh ikhlas. ini yg terbaik buat Bapak

    ReplyDelete
  7. Turut berduka cita ya mbak, kayaknya bpk mertuane mbak deket sama mantu2ne yo mba..jadi kayak bpk kandung wae..smoga keluarga yg ditinggalkan sabar kuat semuanya ya mba

    ReplyDelete
  8. Mbak Esti...turut berduka cita ya Mbak..semoga seluruh keluarga diberi kesabaran dan ketabahan..kenangan indah selalu hidup di dalam hati Mbak *HUGS*

    ReplyDelete
  9. turut berduka ya mba.....

    smoga semua keluarga di kuat kan dan di beri ke tabahan hugsssss

    ReplyDelete
  10. thanks ya mak.
    oh deket ma rumahmu ya. kemaren bapak dimakamkan di solo mak jadi aku ga kejakarta.

    ReplyDelete
  11. turut berduka cita yo mbak..justru mertuamu yg lebih kuat menghadapi sakitnya yo..semoga mendapatkan tempat terindah..amin

    ReplyDelete
  12. Turut berduka ya Mb.. Semoga diberi kesabaran & ketabahan.. Yakinlah bahwa beliau sudah senang di surga sana bersama Bapa kita..

    ReplyDelete
  13. Ikut sedih dan berbelasungkawa ya mbak...

    Semoga tabah sekeluarga, amin :)

    ReplyDelete
  14. ternyata masih mendingan aku ya masih bisa merasakan kasih sayang dr bapak mertua. bapak mertuamu meninggal kenapa mak?

    ReplyDelete
  15. nuwun yo mak..thanks pelukanmu yg meringankan perasaanku...

    ReplyDelete
  16. makasih yo mba niek. iya kami terbilang dekat dgn bapak mertua. sdh dianggap anak wedok dewe jadi kalo buat salah ya dimarahi beneran hehhehhee

    ReplyDelete
  17. ikut sedih nih mbak esti...turut berduka cita mbak, mudah2an semua sabar dan tabah ya mbak..

    ReplyDelete
  18. thanks yo bu. iya bapak sdh ikhlas dan kuat menghadapi sakitnya. salut akan semangat utk sembuhnya bu..

    ReplyDelete
  19. Turut berduka cita ya mbak esti..yang sabar ya mbak..beliau sudah tenang disana..*:( peluuuk*

    ReplyDelete
  20. makasih Jo. iya aku yakin bapak sdh tenang dan damai dirumah Bapa.

    ReplyDelete
  21. makasih banget ya jeng lin..semoga perasaanku berangsur angsur normal...

    ReplyDelete
  22. *peluuukkk maaakk*..
    aq baca ini nangiiisss...spechless cm bs bilang ikhlaass dan doakan bapak..

    ReplyDelete
  23. turut berduka cita mba, kok ga mampir ke ciledug?

    ReplyDelete
  24. kenangan si Bapak dalem ya buTi.. pantes aja dirimu sangat kehilangan Beliau..

    Turut berduka cita yg sedalam2nya T___T

    ReplyDelete
  25. *big hugh* mg bapak mendapat tmpt terbaik di sana

    ReplyDelete
  26. ikut duka cita mbak... haduuuh..sediiih.. aku juga jadi inget sama alm bapak mertuaku, sampe skarang tiap inget masih suka nangis..

    semoga alm mendapat surga yang terindah ya mbak...

    ReplyDelete
  27. Turut berduka cita ya jeng Esti. Bapak sekarang menikmati hidupnya yang nikmat tanpa kesakitan. Almarhumah ibu saya kena sirosis hepatitis sepuluh tahun dan saya special carernya sampai mengorbankan waktu kuliah saya. Tapi saya sadari, saya mesti merelakan itu karena nggak tega lihat sakitnya. Setelah ibu wafat saya tahu, ibu senang terbebas dari sakitnya. Saya waktu itu tinggal di luar negeri, jadi nggak bisa pulang. Tapi kata orang di rumah beliau tidur tersenyum.

    BTW kisah dengan bapak membuat saya ingat kisah saya sendiri dengan ibu mertua saya (ibunya mantan suami) yang sangat mengasihi saya sehingga saya berani ngrusuhi minta ini-itu sewaktu masih bocah. Kalau Mama ke pasar, saya nderek dan nudingi ini-itu, pasti dibelikan sebab anaknya cuma seorang ya pacar saya itu. Sedangkan ibu saya? Anaknya lima je!

    Turut berduka cita jeng! Peluk hangat!

    ReplyDelete
  28. turut berduka cita ya mb Esti
    aku belum sempat kenal sama bapak mertua, beliau udah pergi duluan.
    bapakku juga suka ngingetin hal kecil, terutama kalau menyangkut cucu2nya ...hihi

    ReplyDelete
  29. makasih mak pelukanmu. it relieves me much.

    ReplyDelete
  30. bapak dimakamkan di solo mak sesuai permintaan Bapak. so ga ke jakarta deh hehhe

    ReplyDelete
  31. iyah bener banget mak. so deep in my heart. thanks ya

    ReplyDelete
  32. pasti teh kath deket juga ma bapak mertua.
    aminnn ya teh...

    ReplyDelete
  33. oh almarhumah ibu kena sirosis juga ya Ibu ? sama bapak mertua saya. iyah saya percaya bapak skr terbebas dr segala sakitnya dan skr tinggal dirumah Tuhan skr.

    beruntung ya Ibu kita dikasihi sm ortu mertua kita. sungguh indah dikenang sepanjang masa.

    ReplyDelete
  34. terimakasih ya mba shant. jangan jengah ya kalo bapak mba shant terkesan mengurusi hal2 kecil. itu tanda sayang pada anaknya..

    ReplyDelete
  35. Iya, sepuluh tahun. Ibu mertua (Mama) saya langsung kena liver cancer, jadi duluan setahun wafatnya dari ibu saya, karena sakitnya cuma sebulan setengah.

    Jeng terus terang baca jurnalmu ini, saya prembik-prembik terbayang kasih sayang mertua saya walau sekarang saya ditinggalkan anaknya. Halah!

    Terus terang, sampai hari ini saudara-saudara beliau tetap menganggap saya bagian dari keluarganya, dan pendatang baru di keluarga mereka malah nggak dianggap hahahaahaha..........

    ReplyDelete
  36. ikut berduka cita ya Ibu. semoga Tuhan memberi istana yg indah buat orangtua kita yg begitu baik untuk anak2nya.

    walo hubungan cuma anak menantu, kasih sayang mertua seperti kasih sayang orangtua kandung ya Ibu. aku yakin hubungan ibu dgn keluarga "bapak" sangat baik sekali nyatanya si pendatang baru ga sukses dipasaran hehehhehhe...

    ReplyDelete
  37. Ya, menurut saya sih harusnya begini seperti apa yang saya lakukan terhadap keluarga beliau. Namanya juga "dia" pendatang baru, ya belum kenal betul, bagaimana bisa mengambil hati mereka, coba?

    Terima kasih doanya jeng.

    ReplyDelete
  38. coba ibu bagi resep dapurnya utk si pendatang baru hehehehhe * becanda ya bu *

    ReplyDelete
  39. Turut berduka cita Jeng Esti.. Semoga Bapak mertua di berikan tempat yang layak di sisiNya.

    Btw RS Sari Asih Ciledug gak gitu jauh dari rumahku..

    ReplyDelete
  40. Si pendatang baru nggak bisa "merendahkan diri" supaya pas masuk di keluarga barunya. Ya pasti ditolak. Itu thok sakjane mbak Esti. Keluarga mertua saya kan nggak suka sama yang "melambung" gitu, maunya yang biasa-biasa aja deh. Lha si pendatang baru nggak bisa mengikuti kemauan mereka, repot sendiri deh.

    Gpp kok guyon sama saya, malah jadi ikutan muda lagi.

    ReplyDelete
  41. makasih ya jeng icho.
    oh rs sari asih deket ma rumahmu ya jeng.
    kemaren bapak dimakamkan disolo jeng. nanti kalo aku mudik ke ciledug, kita kopdaran yee

    ReplyDelete
  42. hmmm itu ya ternyata penyebabnya. mungkin merasa yg paling ya Bu jadi tidak ingin menunduk hormat pada keluarga besar..

    ReplyDelete
  43. komplikasi mak, udah diabetes, kanker pankreas pula...
    katanya memang bandel, pantangan dokter dilanggar semua. ya jadinya pas beberapa bulan sebelum nikah kita udah kehilangan. jadi pas nikah dari pihak hubby diwakili oleh pamannya...

    ReplyDelete
  44. oh ikut prihatin mak ttg penyakit bapak mertuamu. emang kadang orangtua bandel ya hihihihi secara bpk mertuaku juga gitu. dah disuruh pantang merokok tetep saja...

    ReplyDelete
  45. turut berduka ya Eda
    smoga keluarga dihiburkan dan kuat melewati masa2 sulit ini.

    bgm ayahnya yoga Da?
    baik2 aja blio?

    ReplyDelete