Monday, January 31, 2011

Tindien / Tindian - Penyakit ato cuma gangguan tidur kah ??

Begini temans aku adalah salah satu penderita Tindian yg kadang sangat parah. Tindian adalah kondisi dimana saat kita tidur tiba - tiba kita tidak bisa bergerak ataupun susah bernapas. Perlu usaha extra agar kita bisa sadar dan bangun.  Sudah lamaaaa sekali aku mengalami "penyakit" tidur seperti ini mungkin sejak kelas tiga SD. Saat itu aku pernah diajak Bapak untuk periksa ke dokter tapi ya ga ada hasilnya. Aku lupa dokter bilang apa secara itu sudahhh lamaa sekali.
Kadang kalo tindian menyerang, aduhhhh sudah pasrah aja deh hanya bisa berdoa pasrah diberi kekuatan utk bangun. Kadang dalam semalam aku bisa tindian lebih dari 3 kali yang jelas bikin aku capek dan pusing saat bisa sadar dan bangun. Kadang gejala mau tindian biasanya diawali mimpi buruk dulu, mimpi masuk dalam ruangan sempit dan gelap lah, mimpi yg gak enak lah pokoknya.  Jujur aku kadang takut karena denger denger tindian ini bisa menyebabkan kematian huwaaaaaaaaaaa. Pasrah deh...

Aku ga tau apa tindian ini suatu " penyakit" turunan secara Ibuku juga mengidap "penyakit" ini dan kebetulan dan ndilalah kok nurun ke aku yg paling parah tindiannya. Kalo ibuku saat tindian akan mengeluarkan suara khas dari mulutnya jadi siapa saja yg mendengar itu pasti akan tahu kalo Ibuku sedang tindian. Pernah saat itu aku tidur sm Ibu tiba tiba ibu tindian, aku kebingungan apa yg harus kulakukan. Iseng iseng ku tarik jempol kaki kiri ibuku dan ajaib ibuku tiba2 langsung bisa sadar dan melek matanya. Tapi sayangnya kalo saat aku tindian tidak ada suara yg keluar dr mulutku so aku harus berusaha sendiri sekuat tenaga utk bisa bangun dan sadar.

Pernah sharing dgn temanku kalo tindian ini katanya disebabkan karena tanah dibawah tempat aku tidur gaya gravitasinya besar sehingga bisa mempengaruhi / memperlambat supply oksigen ke otak sehingga tiba tiba kondisi sipenderita tidak bisa bergerak. Adakah yg tau benarkah teori dari temanku ini ? Salah satu cara agar tindian tidak terjadi hingga berkali kali dlm semalam yaitu segera setelah bisa sadar harus bangkit pindah posisi tidur. Jujur kadang beratt melakukan hal itu. Kadang berhasil kadang engga secara kadang mata ini seperti otomatis menutup sendiri huwaaaaaaaaa...emang effective siy kalo pindah posisi tidur tidak akan tindian lagi.

Teman yuk sharing yg punya gangguan tidur seperti aku ini. Adakah obat yg bisa menyembuhkan ini ??

 Aku nulis ini bukan utk cari simpati lho, swear terkewer kewer jahat bener pikiranku kalo hanya cari simpati. No need lah hehehhehe. Aku sudah berlebih perhatian dari suamiku ceileeeeee..hueksss sorrrrr * kasih ember besar *

55 comments:

  1. waduh mbak esti, aku gk tau apa2 soal tindian. cm kebayang gt rasanya gmn :( moga2 ada jalan keluar nya yaaaa

    ReplyDelete
  2. aku suka kayak gitu kalo lagi PR banyak waktu sekolah atau mau ujian (biasa mahasiswa yg besok ujian malamnya baru belajar).. jd kurang istirahat, PR masih banyak trs ketiduran akhirnya kayak gitu. katanya sih krn peredaran darah ga lancar. dan itu kalo ga ditolongin atau berusaha nolong diri sendiri spy bisa napas. bisa bener2 ga napas beneran dan lewat.. tp stlh kerja ga gitu lg krn kerjaan dibuat nyantai aja.. kalo ga ngejar deadline tinggal diundur deadlinenya hehe... abis mau gimana lg drpd rep2an lg

    ReplyDelete
  3. gpp mba din. walo ga ada obatnya at least semoga ada trik lepas dari serangan tindian hehehhe...

    ReplyDelete
  4. mami ngalami juga ya. ada temennya deh hehehe. bener kalo kita ga usaha utk bisa bernapas beneran dah bisa lewat. Pasrah aja deh...
    kalo baca komennya mami pikiran harus dibawa santai ya. good idea mi. thanks for sharing

    ReplyDelete
  5. oh..ini namanya penyakit toh?br tau :D
    klo emak g mesti blg itu dihinggapi roh jahat >:)

    ReplyDelete
  6. Kalo orang sunda mah nyebutknya eureup-eureup. Aku kurang ngerti mba, gak bisa bantu kasi info jadi. Kukira eureup-eureup hanya menyerang kadang2 dlm rentang wkt yg bertahun2. Ternyata ada yg sering dpt ky mba ya. Hmmm aku sdiri gak pernah. Bbrp tmn pernah ngalamin. Dan gak bisa bayangin krn gak pernah ngerasain. Moga2 aku dijauhkan dr anugrah itu. Soalnya ngeri krn hrs berjuang utk sadar

    ReplyDelete
  7. ini asumsiku sendiri mak dbed..
    hah dihinggapi roh jahat ?? kok bisa mak ?

    ReplyDelete
  8. aku sering mbak esty...itu katanya peredaran darah kurang lancar, keseringannya sih kalo tidur terlentang..tapi kalo tidur miring aku ga' knapa2..:)

    ReplyDelete
  9. kalo sunda namanya eureup ereup ya. kalo aku boleh minta aku pun ga mau ada"gangguan" tidur kayak gini mbak. takutttt euy...

    ReplyDelete
  10. aku kira malah ketindian jin / makhluk halus maaakk.. Hihihi. *mistiiissss* :p

    Aku malah br tw tentang penyakit itu maakk.. Serta alesan2 logis itu yg diatas.. Hehe. Maap ga bisa bantu,dulu di rmh yg lama si sering banget ketindian,tp skrg blm *eh,jangan lagi maksudnya*. Hehehhe.. ^^

    ReplyDelete
  11. aku waktu belum nikah sering juga tuu mba estiii, tapi aku pikir itu karena ketindian makhluk halus..
    kadang kalo udah cape berdoa dan berusaha dengan segala cara, aku ikhlasin aja mba, aku pasrahin trus aku tinggal tidur.... *jadi mikir, kok bisa ya aku tinggal tidur.hahahaaa*
    pernah juga sampe *sepertinya* kaya terbang naik beberapa centi diatas tempat tidur trus dijatuhin lagi...
    alhamdulillah sekarang udah ga pernah lagi, jangan sampe lagi ah...

    ReplyDelete
  12. malah aku kalo tidur posisi miring sering tindiannya mbak..
    ternyata kita sama sama ya..toss

    ReplyDelete
  13. dulu pernah di rumah lama juga tapi sekarang ngak pernah lagi kalo dulu kata org mah ketindihan maklus halus mak sekarang malah ngak pernah sama sekali :D ngak mau lagi soalnya cape...plus engap

    ReplyDelete
  14. Lah, aku kira ini juga serangan makhluk halus *klenik* eh tp sopo ngerti lho mbak, percaya ngga percaya, soalnya mba esti kalo mimpi kan sering kejadian di alam nyata....

    ReplyDelete
  15. hehehhehe aku jg baru tau kalo ada yg menyebut ketindian mahkluk halus. mungkin kah ?
    jangan deh bun punya "sakit" kayak gini. ngeriii dah hehhee

    ReplyDelete
  16. ditinggal tidur Ummi ?? hehehhehehe ntar kalo beneran "tidur" gimana hihihihi.
    bener Ummi aku juga sering gitu bisa terbang malah kadang melayang layang diatas kamarku. aneh ya ?? jadi mikir mistis ni hhahahha

    ReplyDelete
  17. Nyerah.. kagak tau mak caranya gimana :P

    ReplyDelete
  18. kok pada bilang ketindihan mahkluk halus ya hihihihihi..baru tau aku mak. mosok siy ???

    ReplyDelete
  19. isih mikir ki mba apa bener ada hubungannya dgn mahkluk halus ???? wink wink..

    ReplyDelete
  20. kasih aku ice cream aja deh kalo lu ga tau mak...

    ReplyDelete
  21. ow..itu namanya tindian ya Mak? dulu aku pernah ngalamin berkali2 pas tidur siang kayak berasa ditindih benda berat..aku sadar tapi nga bisa buka mata cuma bisa baca doa salam Maria dan Bapa Kami...ternyata kata temen-ku yang punya indra keenam katanya ada yang mau "ganggu"..ternyata ada istilah ilmiah dari "gangguan" ini ya

    ReplyDelete
  22. mba esti, di kantor pernah ada sharing ttg itu mba saat training ttg obat penenang yg kita jual.
    dokter yg presentasi bilang, yg terjadi itu dibawah alam sadar, bisa jadi saat mau tidur pikiran kita ga tenang, ada hal2 yg memberatkan dan terlalu dipikirin, sehingga tanpa sadar pikiran2 itu terbawa ke alam tidur.
    bener mba lulu bilang, kemungkinan ada hubungannya sama pikiran mba esti sebelumnya...

    ReplyDelete
  23. coba pas sebelum tidur harus bener2 relaks Mak...dengar alunan lagu2 yang buat yoga atau spa gitu mudah2an "penyakit" ini segera menghilang ya...nga enak banget rasa-nya

    ReplyDelete
  24. aku yo pernah tindien cin...3 x paling...

    ReplyDelete
  25. kalo aku malah ga tau kalo dihubungkan dgn hal2 yg mistis mak. tauku ya krn supply oksigen ke otak lambat..bener kalo aku pasrah hanya berdoa salam maria dan bapa kami. pengen bebas dr "sakit ini mak ..

    ReplyDelete
  26. doa dan pasrah aja ya Mak Esti..moga2 penyakit ini segera hilang...amiinnnnn

    ReplyDelete
  27. aku pernah ngalami beberapa kali (kurang dari 5 kali) tapi cuma ketika kost di yogya.
    selama tinggal di berbagai kota, aku gak pernah ngalami tindihan.

    ReplyDelete
  28. *manggut manggut* bener juga ya mbak mungkin karena pikiran. introspeksi ni ...thanks ya mba sharingnya. jadi tambah masukan ni.

    ReplyDelete
  29. dulu teman sebarak aku bolak balik tindian..klo menurut dia karna makhluk halus. tapi kesini2 aku dikasi tau klo gangguan2 seperti itu erat banget kaitannya sama pikiran cin...kayak kasus banyak anak SMU kerasukan di sekolahan tuh ya itu bukan karna makhluk halus tp karna pada depresi aja alias stres sama beban pelajaran, UAN, dst..dst..lah...klo dalam kasus mb esti yg orgnya easy going teori nya apa yak...hehehe

    ReplyDelete
  30. haaaa, jangan sampe tidur kebablasan mbaaa..aku malah baru tau kalo ini tuh ternyata ada hubungannya dengan beban pikiran dan supply oksigen, selama ini mikirnya karena makhluk halus..

    tfs yaaa ibu ibu semuaa ;p

    ReplyDelete
  31. ak baru denger ttg penyakit ini makk... mdh2an gpp ya...
    *td tak pikir tindian.. ;))

    ReplyDelete
  32. Mba .. itu sama ga kaya direp-rep-in ? ..

    ReplyDelete
  33. aku juga pernah ngalamin tindien mbaaa...tp ga sering...kebayang lah gimana perjuangan biar bisa gerak....berdoa saja mba sebelum tidur...
    *OOT : ga nyari simpati tapi nyari mentari, im3, esia,axis xl dkk ya mba....heheh*

    ReplyDelete
  34. waduh, serem juga ya Da
    aku gak tau solusinya da,
    btw, apa bukan kr eda terlalu capek atau stress br mengalami ini?
    apakah setiap malam?

    ReplyDelete
  35. ikutan baca niy jadinya ...aku pernah siy ngalamin, tapi jarang banget
    ngimpi seperti ditimpa apa gitu, trus gak bisa bangun, pdhl sadar kalau harus bangun

    ReplyDelete
  36. waahh aq jg suka ketindian mak...
    tapi anehnya itu sering terjadi klo aq tidur di di kantor di posisi pojok dan dgn terlentang, nah klo tidur miring sih enggak mak..
    pyuuhhh aq juga gitu mak..takuuuuuuuttt bgt..udah deh baca2 dan pasrah..baisanya klo lg bgt pura2 tidur lagi..jd dibawa mimpi lagi dan allhamdullilah gak lama lgs bangun...
    mudah2an cepet sembuh y mak...

    ReplyDelete
  37. very good idea mak..will try this. thanks ya dear atas idenya..lup you deh

    ReplyDelete
  38. terus tindakanmu opo rin pas tindihan ?

    ReplyDelete
  39. iya mak..semoga bs bebas dr tindihan ini yo mak. kalo ngimpi ketindihan ariel yo gpp hahahhahaha * mulai viktor *

    ReplyDelete
  40. ada apa dgn jogja yo jeng ?? dulu waktu aku masih tinggal dijogja ya tindihan skr pindh kekudus ya tindihan juga..* bingung*

    ReplyDelete
  41. teoriku pikiran mak utang blm lunas hahhaha

    ReplyDelete
  42. hiiii, ono dedemit-e kali mbak :)) *ngawur mode on*

    ReplyDelete
  43. kalo bhs sundanya eureup-eureup ya ??
    aku pernah juga tuh waktu SMP kena gini.. sereeemmm.
    krn tidur bellum sholat ..

    ReplyDelete
  44. mau ngomong tindian bapake nanda yo hahhaha...

    ReplyDelete
  45. pdhal yo wis berdoa sblm tidur jhe mbak..banyak faktor mempengaruhi lah tindian ini.
    iyoo mau mau bu pulsanya esia, xl , halo juga hahaha. mbokne azka iso wae..

    ReplyDelete
  46. mungkin bisa karena kecapean juga Da. tiap hari siy engga Da cuma kadang 2 hari berturut turut dlm seminggu trus seminggu engga. pegel juda Da hehehe

    ReplyDelete
  47. hatur nuwun ya mak..
    very good article to read. muacchhh

    ReplyDelete
  48. mba shant pernah tindian juga ya. iya bener kadang kayak ditimpa benda berat gitu trus susah gerak..pasrah deh kalo dah gitu

    ReplyDelete