Monday, October 19, 2009

Ini kejadian dialami sendiri oleh temen kantorku hari minggu lalu. Ternyata ada bener ya ga sekedar email belaka.

Dear Friends,
 
Beberapa waktu yang lalu saya pernah terima E-mail dari salah satu teman yang menyarankan untuk berhati-hati ketika bertransaksi menggunakan mesin ATM karena ada kejahatan yang menggunakan Modus (Menggunakan semacam alat sederhana, Mika/Plastik tebal).
Karena informasi tersebut sudah lumayan lama, mungkin saya menjadi kurang waspada dan akhirnya hari minggu pagi kemarin, ada kejadian yang benar-benar saya alami.
 
Pada minggu pagi saya dan anak saya pergi ke ATM BCA (pasar kliwon) untuk ambil uang menggunakani kartu kredit Master Card CIMB Niaga, pada awalnya tidak ada masalah sama sekali, tapi ternyata kok beberapa kali saya diminta untuk memasukkan PIN, yang mana harusnya cuma sekali, karena curiga semua transaksi saya batalkan, tapi saya terkejut, karena kartu ATM saya tidak bisa keluar dan dari penglihatan saya, saya melihat, kartu ATM sudah berjalan sesuai prosedur (bisa keluar otomatis), akan tetapi seperti ada yang menahan (semacam Mika/Plastik Tebal) sehingga kartu tidak bisa keluar sama sekali, dan kebetulan di pasar kliwon ada 2 mesin ATM BCA yang besebelahan, dan saya cek pada mesin yang satu, ternyata tidak saya temukan semacam plastik penghalang di tempat kartu, dan beberapa orang juga lancar menjalankan transaksi di mesin tersebut.
Akhirnya saya tetap berusaha mencoba untuk mengeluarkan kartu saya tapi sia-sia, dan yang lebih aneh lagi, ada seseorang yang tanpa basa-basi tiba-tiba masuk ke ruang ATM tempat saya berada dan bertanya "Pak udah bisa keluar belum kartunya?"  Bayangkan saja, kok aneh tiba-tiba ada orang masuk tanya seperti itu dan berusaha menawarkan bantuan, padahal saya khan belum cerita apa yang terjadi. Dan akhirnya saya tolak walaupun orang tersebut ngotot berusaha membantu, orang tersebut agak bingung sambil mondar mandir disekitar tempat saya sambil ngobrol dengan HP dan dari jauh saya lihat dia ada bersama satu orang temannya yang tingkah lakunya aneh.
Karena anak saya sudah mulai bosan karena kelamaan di ATM, akhirnya masih dalam ruangan ATM, saya Telpon Call Center CIMB Niaga untuk memblokir kartu saya. Baru setelah saya pastikan telah terblokir baru saya tinggalkan mesin ATM tersebut.
 
Jadi kalau lihat kasus saya diatas, modus mereka kurang lebih adalah seolah-olah kartu tertelan mesin ATM dan karena kita sudah memasukkan Nomor PIN, berarti transaksi sudah jalan, tinggal mereka ambil penghalang (Mika/Plastik tebal) tadi dari tempatnya, dan setelah itu Reader mesin ATM akan membaca PIN No. kita dan setelah itu mereka bisa menguras uang kita. Mungkin semacam itu, karena kurang lebih sama dengan informasi temen yang pernah kirim E-mail kaitannya dengan penipuan dengan mesin ATM.
 
Demikian, mohon hati-hati buat teman-teman yang bertransaksi via ATM apapun.
 
Thanks & Regards
 
 

26 comments:

  1. wah ma bersyukur mama waspada dan bergerak cepat..tfs ya maa

    ReplyDelete
  2. TFS mba esti.. Untung masi bisa bfikir jernih jd ga panik deh..

    ReplyDelete
  3. tfs mbak.alhamdulillah g terjadi apa apa y?

    ReplyDelete
  4. ini temen kantorku yg ngalami Bun..td dia email ke aku lgs aku copas saja biar kita tetep waspada.

    ReplyDelete
  5. wah syukur alhamdulilah ya , mba sigap , terimakasih info nya ya sangat sangat berguna lho

    ReplyDelete
  6. kejahatan selalu mengintai, jd kita kudu waspada ..waspadalah..smg kita dijauhkan dr hal2 bahaya

    ReplyDelete
  7. kejadiannya di solo to sis? kok di pasar kliwon??
    syukur semuanya aman terkendali; bener2 perlu diwaspadai.
    thx for ur info

    ReplyDelete
  8. wah...makasih infonya mba esti...jadi harus hati2 neh kalo bertransaksi di ATM...

    ReplyDelete
  9. seremnya T_T
    hh...
    tengkyu infonya yah :)

    ReplyDelete
  10. iya,,mank serem,,,aq juga pernah kena tu,,tpi klo aq modusnya kloningan gitu,,jdi duitq yg d atm hilang n ga bersisa sama sekali,,T_T

    ReplyDelete
  11. betul banget mbak esti... harus ekstra hati2.. zaman seakrang mah orang dah canggih deh teknologi permalingannya....

    ReplyDelete
  12. hehehhehe malingnya tambah pinter ya Bun..dah pake teknologi heheh

    ReplyDelete
  13. sama2 mba. kudu extra ati2 dan waspada

    ReplyDelete
  14. bener mba. kudu cek mesin atm juga yak. kira2 mencurigakan engga mesinnya.

    ReplyDelete