Monday, October 12, 2009

Curhatanku...

Hmmm....bener juga comment Mba Ratih untuk share sedihku yang mungkin bisa melegakan hatiku. Mungkin pengalamanku ku ini bisa menjadi pelajaran bagi working mom yang lainnya.

Kemaren waktu trip ke Vietnam, biasalah aku dan suamiku selalu update kabar anak2 tiap harinya. Pas hari kedua waktu itu suamiku kasih kabar ke aku kalo Yoga rewel. Aku pikir karena aku kadang masih mikir Yoga karena itu dia rewel. Seterusnya aku berusaha untuk tidak memikirkan anak-anak , takutnya nanti rewel. Kasihan juga sama yang momong. Next, suamiku kasih kabar lagi kalo Yoga masih rewel. Aku baru inget,  biasanya kalo aku pulang kerja dia langsung cari nenen dan biasanya langsung tidur juga. Tapi kali ini dia tidak bisa. Dia seperti disapih. Aku dah bayangin betapa rewelnya Yoga. Dia belum siap disapih mendadak seperti ini.

Pikiranku sudah tidak karuan. Pengen segera pulang. Dah gitu aku harus stay dijakarta semalam lagi karena SQ dr Singapore  sampe ke bandara sutta malem hari. Kalang kabut pikiranku waktu itu. Aku menyadari betapa egoisnya aku. Engga mikir sampe sejauh itu kalo Yoga masih nenen aku walo sehari hari dia minum sufor kalo aku tinggal kerja. I blame myself  till now. Stupid aku. Nangis aku tulis blog ini.

Dan benar ketika aku sampe rumah selasa sore 6 Oktober, Yoga nangis dan pas liat aku langsung minta gendong  dan terus yg dicari nenen. Puji Tuhan akhirnya aku bisa menyusui Yoga lagi. Aku lihat Yoga keliatan kurus. Ketika aku tanya suamiku kenapa, suamiku bilang dah beberapa hari ini Yoga ga mau makan dan minum dan engga mau tidur sekalipun itu malem hari. Dan yg bikin aku sedih dia selalu bilang mama mama sambil merangkak ke kamar sambil tunjuk tunjuk jari. Dia pikir aku ada dikamar. Dimalam hari pun dia hanya tidur sebentar sebentar. Setelah itu nangis terus sampe suaranya serak. Suamiku yg kebetulan ditemani Ibuku dari Jogja kebingungan sekali. Saking bingungnya suamiku nangis juga karena engga tahu harus bagaimana. Hingga akhirnya suamiku minta Mbak yg biasa momong Yoga ( kita biasa panggil Budhe ) untuk tidur dirumahku untuk bantu jagain Yoga. Segala cara dilakukan biar Yoga ga nangis dari cari kodok hingga putar-putar kampung jam 1 malam. But it did not work !!!. Kata tetanggaku sebelah miris banget denger Yoga nangis. Ga terasa air mataku mengalir waktu suamiku cerita semua ini. Perasaan bersalah hingga kini masih hinggap didada ini. Aku pikir Yoga akan fine fine saja kutinggal pergi karena dia juga biasa minum sufor selama aku tinggal kerja tetapi ternyata tidak. Oh Tuhan maafkan aku.

Sampe sekarang pun tiap kali aku bertemu dgn tetangga2ku pasti komentar ttg itu. Kalo aku pas mood jawab komentar mereka ya aku jawab. Kalo ga mood, aku ya senyum saja. Pelajaranku yg sangat berharga ini jangan sampe terjadi dgn sista semua khususnya yg masih menyusui kebetulan working mom juga. Banyak hikmah yg kupetik dari pelajaran ini. Salah satunya anak yang menyusui hubungan batin dgn si Ibu akan lebih kuat daripada dgn anak yang tidak menyusu Ibu nya. Dulu Nanda waktu umur setahun , pernah aku tinggal trip ke Malay selama seminggu dan tidak rewel. Dia fine2 saja karena Nanda tidak menyusu aku.

cukup terjadi dengan aku saja. Lega akhirnya bisa nulis curhatanku. Thanks sista for reading my blog

 

34 comments:

  1. Jangankan anak sis yg masih asi, anakku dah 3 taon lebih aja klo bangun tidur siang ga nemu aku pasti nangis2 nyariin. Pernah dia aku tinggal pergi dalam kondisi dia ngeliat langsung (kebanyakan aku tinggal ketika dia lagi skul atau lagi tidur). Wah.. nangisnya jangan ditanya, omanya waktu cerita aja sampe berkaca2, katanya dia ambil celana jeansku sambil dicium2 dan manggil2 mommy... huaaaa. sejak itu aku klo kemana2 selalu usahakan ga diliat ama dia langsung

    ReplyDelete
  2. wahhh,gitu yah mom,
    saya mengerti banget,
    saya aja terpaksa cuti kuliah,
    masih semester 3 padahal mom,
    saya rela deh asal baby nya nenen dengan baik dan ga nangis...
    padahal teman-teman saya udah kuliah jauhhhhhhhhhhhh banget ada yang mau skripsi,mau koas,saya cuma di rumah aja,biar baby nya bisa nenen... :(
    gpp mom,namanya jadi ibu itulah mulia nya kita,
    jadi kasian mbanyangin Yoga :((
    ambil hikmah nya aja mom...
    semoga Yoga jadi gendut lagi yah :)

    ReplyDelete
  3. iya sis.. walobagaimanapunn seorang ibu ikatan batin k anak sangat kuat :)
    tq ya.... atas curhatannya...jadi bisa belajar :)
    GBU^.^

    ReplyDelete
  4. aduh esti hiks.. sedih say... tapi yah udah buat pengalaman aja. tapi kamu ga sendiri koq, banyak yang ngalamin juga. ubet yang ga nyusu juga nyariin aku, tiap tengah malem pasti ngigo nyariin aku. begitu lah jadi mama, pasti ga rela.

    udha jangan sedih yah... *hugs*

    ReplyDelete
  5. Terharu...
    ga tega ya klo ninggalin balita yg msh ASI, kepikiran trs jadinya selama tugas.

    ReplyDelete
  6. jadi terharu mba...hiks...:(
    emang bener mba...ikatan ibu dan anak (menyusui lsg)lebih kuat...
    moga2 bisa jd pembelajaran buat semua.

    ReplyDelete
  7. emang sis.. sekali2nya ninggalin anak ikutan acara kantor.. pulang2 dia sepertinya ngambek sm aku, ga mau di gendong. nyesel bgt... pdhl ud ga nyusu loch....
    semoga kita ga perlu jauh2 ningalin anak2 lagi yah

    ReplyDelete
  8. wuahh.. jadi ikutan sedih.. ngebayangin Yoga cari2 mommynya

    Icel juga gitu sis, jangankan ditinggal nginep gitu, aku pulang kemaleman dikit aja, dia udah nangis2 sedih cari nenen.., kata yg denger ampe gak tega kalo denger nangisnya dia.., makanya aku ampe sekarang gak berani pergi2 yg nginep tanpa Icel.

    Yahh buat kita sekarang mungkin berat ya sis, terikat ama anak & harus nyusuin.. tapi hasilnya nanti kita lihat beberapa tahun ke depan.
    jangan sedih terus ya sis.. :)

    ReplyDelete
  9. bayanginnya sedih yah...anak cari2 mommy'nya minta nenen. jangankan ke luar kota, aku pergi 1-2jam aja kepikiran ticia di rumah hehe...yg penting skrg Yoga udah bisa nenen lagi, sis..jangan sedih lagi ya ^_^

    ReplyDelete
  10. huhuhu..jadi ikutan sedih membayangkan yoga saat itu dan betapa sedihnya papanya yg jagain
    ya sutralah sis, yg sudah berlalu jadi pembelajaran
    hayo...compenasinya full day for yoga along this week..hayo...!!!!

    ReplyDelete
  11. huwaaa.. kok gw jd mellow gini sih mbaa..
    semoga bisa diambil hikmahnya ya mba buat kita semua..

    ReplyDelete
  12. huuuu sedih bgt....
    dekapan ibu emang tiada duanya

    ReplyDelete
  13. aku jadi terharu mba bacanya, Yoga sayang mama banget yaaa...mamanya jugaa...

    ReplyDelete
  14. jd ikutan sedih nih mba, tp jgn disesalin terus yaa...skrg kan udah ngumpul lg, bersyukur sm Tuhan YME masih bisa merasakan nikmatnya kumpul lg sm keluarga, nanda dan yoga adalah semangat untuk melangkah kedepan ocee...

    ReplyDelete
  15. sabar ya jeng, konsekuensi atas sebuah pilihan awalnya berat, namun lama2 yoga akan mengerti kok, bahwa mamanya pergi bukan tanpa alasan, Insya Allah...

    ReplyDelete
  16. minum asi juga ya mba anaknya. jadi tambah melow deh aku baca commentnya mba. sampe anaknya cium2 jeans mba.

    ReplyDelete
  17. pilihan sebagai Ibu memang butuh pengorbanan ya mba. Mba juga hebat lho. Demi sang buah hati rela tunda kuliah. good luck for you ya

    ReplyDelete
  18. sama2 ya sis. banyak hikmahnya dr kejadian ini mba. GBU too

    ReplyDelete
  19. thanks mba. ternyata bener saran mba ratih , jadi agak lega sekarang. ya ini consequent sebuah pilihan mba.

    ReplyDelete
  20. bener mba. mba vi kan working mom juga. besok persiapan khusus kalo mo ninggalin anak yg masih ASI.

    ReplyDelete
  21. thanks ya mba commentnya. sedikit lega ni bisa curhat di mp.

    ReplyDelete
  22. kasian yoga ya... mgkn buat moms yg kerja & msh menyusui, kalo terpaksa ninggalin baby,ibu & anak hrs dikondisikan dari sblmnya, soalnya emang bener ya kalau menyusui itu kontaknya hebat bgt,aku sendiri mengalami hal itu, terpaksa hrs ninggalin rayya slm 40 hari. diumur 13bln, tp krn dr awal dah diajak komunikasi kalau ntar mimi UHT ajah ya, pdhl full 1 tahun dia ASI alhamdulilah no problem at all...

    ReplyDelete
  23. Bunda, aku juga sapih putraku yg kedua Rama dengan cepat padahal Rama paling suka nenen walaupun air susu sudah dikit, coba pakai cara dengan memberi jamu di bagian nenen dan minta Yoga untuk mencium bilang kalau nenen bau ga enak. Dalam weekend dicoba seharian sesuai jadwal dia menyusui & siap2 susu botol, semoga cukup membantu & thanks atas sharingnya.

    ReplyDelete
  24. iya mom, kalo yang asi biasanya lebih lengket lagi sama mamanya, Lana juga kalo ku tinggal ke kmar mandi aja udah nangis triak2, T_T
    smangadh ya mom,
    jangan sedih lagi, ini kan juga semua demi anak2 nanti :)
    semuanya bakal baik2 aja kok ,
    salam buat anak2 ^^

    ReplyDelete
  25. emang mellow banget mba ratih. skr aku dah legaan mba. thanks ya sarannya utk keluarkan uneg2 ini. sun buat aya deh

    ReplyDelete
  26. betul mba dizna. inilah resiko sebuah pilihan..semoga kelak anak2ku mengerti pilihan ibu nya

    ReplyDelete
  27. huuh mba kasian yoga banget. Puji Tuhan sekarang pipiya dah keliatan berisi lagi, betul mba perlu persiapan matang sebelum working mom dinas keluar. thanks ya mba.

    ReplyDelete
  28. thanks tips nya Bun. i'll try. thank you.

    ReplyDelete
  29. betul mom kalo minum asi anak lbh lengket ke ibu nya. semoga nantinya baik - baik saja mom. thanks

    ReplyDelete
  30. bener mama icel kalo ngebayangin yoga waktu itu masih nangis aku. thanks for your care mom.

    ReplyDelete
  31. hhmm sedih banget bacanya! bs dibayangkan soale sama aku juga ibu bekerja. tapi aku belum pernah meninggalkan anak jauh2 apalagi nginep. setiap ada acara nginep, aku selalu kepikiran anak. soalnya begini bunda... walopun anak kita minum susu botol ketika kita bekerja dan baru nenen ketika kita pulang ke rumah, suasana waktu nenen itu yg berkesan banget buat anak kita. dia merasa kehilangan kenyamanan yg selama ini dirasakannya. anakku jg gt. walopun siangnya seharian sama kakek-neneknya, dan bs dibilang dekat dengan mereka, tetap aja ketika aku pulang, ya ibunya yg dicari... ups.. kok jadi ikutan curhat ya. karena itu aku belum berani ninggalin anak berhari2. kecuali klo udah ga nenen baru deh bs.

    ReplyDelete
  32. mbak, sama pengalaman denganku. kalo mbak baca blog-ku judulnya "maafkan mama, nak". disitu aku curhat, ninggal anak umur 8 bulan untuk tugas kantor 2 minggu. pulang2, perjuangan lagi supaya adik mau nenen lagi sampai puting mau putus karena luka..
    yang sabar ya mbak, mudah2an perjuangan kita ini mendapat imbalan dengan pintar dan sehatnya anak-anak kita...

    ReplyDelete
  33. hiks hiks ....
    siska sampe meneteskan air mata baca blog nya ...
    terbayang banget bagaimana Yoga ...
    kalo sajah siska ada di sana ...
    pasti Yoga sudah siska peluk dan cium ....
    semoga Yoga getting better today ...

    tetep semangat yah sist ....
    big hug fur sist ... ^_~

    ReplyDelete
  34. andai aku bisa nolak tugas itu Mba pasti aku tolak Mba. nolak berarti aku harus sdh siap resign . hik hik

    ReplyDelete