Monday, June 22, 2009

Pada rela ga sih kalo anak kita dibanding bandingkan dgn anak lain????

Ini terjadi ketika Eyang Kakung n Eyang Putri nya Nanda ( Mertuaku ) mampir ke rumah  dari Jakarta. Ugghhh sebel banget liat Eyangnya banding bandingin Nanda dgn cucu nya yg lain yg kebetulan sebaya dgn Nanda. Kalimat yg paling aku inget, Nanda jauh dr Kevin. Sabar sabar sabar.....yg aku sesalkan ngomong kayak gitu didepan Nanda lagi. Aku yakin Nanda kerasa kalo baru dibanding2in. Aku cuma bilang," Nanda nanti juga bisa kok Kung. Tapi dlm hati rasanya sakit....Aku sih bisa lgs bales omongan mertua cuma takutnya omonganku lebih menyakitkan hatinya. Aku masih coba respect ke Bpk / Ibu mertua saja. Sabar sabar sabar ( sambil ngelus dada ).

39 comments:

  1. waduh sabar ya mba:) yg namanya ortu pasti mmg ga ada yg rela klo anaknya dibanding2in. secara psikologis juga ga baik bgt banding2in anak. apalagi di dpn anaknya lgs walopun mgkin skrg dia masih blom ngerti...

    jgnkan dgn anak org lain, dgn kaka atau adiknya aja ga boleh :) krn setiap anak itu uniq, karunia Yang Di Atas., duhhh aku jg perna bbrp kali ngalamin. cm ya kita baiknya diem ajalah dan sabar :)

    sabar aja ya mba:)

    ReplyDelete
  2. sabar ya mom ^_^
    setiap anak kan punya kelebihan masing2, mungkin eyangnya belum ngeliat kelebihan nanda yang luar biasa dan ga dimiliki sepupunya itu :)
    suatu saat eyangnya akan tau gimana pinternya nanda :)
    aku juga gitu kok mom, tapi bukan sama mertuaku.
    kejadiannya menimpa aku sendiri.
    aku dibandingin sama sepupuku yang lain oleh eyang putriku.
    Tapi aku sama suamiku ga nganggap itu karna kami maklum beliau sudah tua :) jadi kontrol emosi dan omongannya dah mulai lemah.
    sabar ya mom ^_^ nanda pasti punya kelebihan lain yang belum diliat sama eyang nya
    teteap semangat !!

    ReplyDelete
  3. wah aku pastinya juga ga rela lah sis..
    cuman yah kdg jangan langsung dimasukin ke dalem ati ajah..
    kasi pengertian deh ke merto, kl tiap anak itu unique dan ga ada satupun yg sama!!
    orang yg lahir 1 rahim ajah bisa beda, apalagi yg beda ortu.. weleh2 ^^

    ReplyDelete
  4. setuju ^_^
    every children is unique in their own special ways

    ReplyDelete
  5. sebenernya ya gak rela juga, walaupun yg bandingin mertua sendiri. aku juga gitu, padahal satu kota. tiap ada pertemuan keluarga, pasti deh ada celetukan yg intinya mbandingin anakku ama cucu yg lain. pertama kali sih BT jg, lama2 aku pikir, biarin aja, lgan menurutku anakku jg byk kelebihan. dan yg paling penting aku lbh sayang ama anakku. jd cuek aja lah. sabar aja. jgn diambil pusing, soalnya ntar bikin sis yang ngebet ngepush anak biar kaya yg diomongin orang2. kan kasian juga anaknya jd korban. sabar yaaaa....

    ReplyDelete
  6. sabar mom...
    anaknya denger ga di bandingin?
    kalo dnger, kita kudu selalu kasih support & afirmasi kalo nanda itu bisa lbh dari anak lainnya, nanda cantik, pintar, dll...
    biar PD anak gw jatuh mom

    ReplyDelete
  7. betul kata sista semua..mending aku diem dan bersabar ya. mertuaku sj yg ga tau kelebihan Nanda krn tiap hari ga bersama sama. Kita dikudus mereka di jakarta. sabar dan sabar ....ga perlu tak masukin hati ya..thanks sista

    ReplyDelete
  8. iya paasti dgr mom krn ngomongnya didepan nanda.

    ReplyDelete
  9. Iya gak bagus banding2in, apalagi di depan anaknya... Lagipula tahap perkembangan kan beda2.. Disabarin aja ya, sis. bagusnya sih diarahin pembicaraannya biar anaknya ga terlalu ngerasa.
    Dlm hati aku juga suka bandingin sih, tp dlm hal spy aku makin semangat memancing anakku supaya bisa melakukan yg anak seusianya sdh bisa..
    Misalnya ngomong, Kevin juga blom lancar pdhal dia sdh 22bln. Diajak ngobrol aja terus, biar dia mau terus ngomong.. Syukur2 beberapa mgg ini, makin banyak yg dia bisa :)
    Maaf jadi curhat..

    ReplyDelete
  10. sabar ya mba, gk usah dimasukkan ke hati.... masukkin kuping kanan keluar kiri aja ya mba, ambil hikmahnya mba, semoga diberi kesabaran, amin

    ReplyDelete
  11. sabar ya, sis...yg penting anaknya di semangatin terus ^_^

    ReplyDelete
  12. Jawaban sist udah yg teraman demi keutuhan keluarga :) hehe.. tapi ikut kesel, perlu belajar psikologi tentang perbedaan perkembangan anak. Apalagi sampai Klu aku sih akan ngomong, tp klu ga enak ati ya ngomongnya ke suami aja karena efek psikologis ke Nanda, kasian banget tar jadi ga pede

    ReplyDelete
  13. aq jg gk rela koq mom klo anakku dibanding2n sm anak lain, aq bnr2 gk mau smp anakku gk PD,, wlpn kadang kita sbg orang tua khawatir klo anak blum ini itu, tp sebisa mgkn apa yg keluar dari mulut kita perkataan yg positif khan ya,, namanya jg doa buat anak,,
    sabar ajah ya mbak, orang tua mmg suka ky gt, mksdnya mgkn dy bangga sm cucunya,, tp dy blm liat cucu yg ini jg gk kalah hebat yaaa :D
    terus aja nanda disemangatin, biar trs maju, gk minder ;) aplg,, ketemu Eyang nya jarang2 hahaha
    semangat

    ReplyDelete
  14. yang sabaaar ya mbak...memang butuh kesabaran lebih ngadepin mertua..sabar sabar..terus ya itu tetep semangatin nanda ..

    ReplyDelete
  15. iyaaa...jgan dimasukin hati yaa....apalg itu mertua yg ngomong...biarin aja, yg namanya anak pasti pny kelebihan masing2, ntar jg nanda bisa lebih pinter dr kevin **lah kok malah manasin to aku heheh....

    ReplyDelete
  16. Thanks sis for your care. Ini sdh lega rasanya bisa curhat. Ya, Nanda tetep kita semangatin kok. Dia juga ga kalah kok sebenarnya. GBU

    ReplyDelete
  17. kita senasib Mba.. mertuaku juga gitu.. anakku suka dibanding-bandingkan dgn sepupunya yg sebaya.. rasanya geregetan ya mba.. kita sebagai ibu cuma bisa sabar aja deh..

    ReplyDelete
  18. bener sis. kita harus sabar dan sabar. kalo orang bilang usus kita harus panjang biar sabar. tetep semangat ya

    ReplyDelete
  19. sabar ya sis.. kdg org hanya membandingkan yg tampak diluarnya aja.. bisa jadi anak kita lbh unggul dari sisi motorik halusnya.. :)

    ReplyDelete
  20. Sabar ya Bunda.....Nanda di kasi semangat terus n pengertian biar ga down. hal ini sering aku denger dari para mommy, karna beliau orang tua kita juga di ajak sharing pelan2 biar ngerti itu ga baik didenger ma cucunya. Have a gut day ^_^

    ReplyDelete
  21. setuju! paling menyebalkan kalau anak kita dibanding2in sama anak org lain. cuma untungnya mertuaku sih ga begitu, tp ada keluarga lain yg suka ngebanding2in kayak gitu. kenal deket aja kaga,tp lgs ngomong "Ih! rambutnya kok dikit?" trus bilang lagi "Kok kayak cowo ya? Anaknya cewe atau cowo?" jelas2 dia dtg pas aku ngelahirin. trus kan waktu umur 5 bln gitu anakku nangis kalo digendong org asing. eh,dia blg lagi "Ih! Cengeng ya anaknya? Cucuku dong,ga takut kalo liat orang". uuurrg! rasanya mau meledak saat itu juga. tapi aku tahan2 dan sampai rmh langsung aku teriak marah2 sendiri. kenapa juga sih anakku dibandingin sama cucunya? bibitnya aja beda,lingkungan juga beda,jelas aja tiap anak pertumbuhan dan perkembangannya berbeda2. itu hal yg wajar kok. lagipula Tuhan menciptakan manusia yg 1 dengan yg lain kan juga ga sama. knp dia yg manusia ciptaan Tuhan menganggap semua anak kecil harus sama? lagipula toh ini baru awalnya saja,yg penting adalah akhir. ya ga,sis? kalau suatu saat anak kita jadi dokter atau presiden,toh ga ada org yg peduli dulu waktu kecilnya anak kita telat jalan atau telat ngomong or etc. ya ga? hhhh...knp aku jadi keluarin uneg2nya di sini ya? hehe...sori lho sis kalo aku sampe kebawa emosi commentnya. :P

    ReplyDelete
  22. sabar ya jeng.....bener kata temen temen . Jangan dimasukin ke hati ya. Yang penting mummynya selalu menjadi teladan nanda untuk bisa bersikap positif dlm menghadapi apapun.

    Lagian nanda kan anak pintar dan hebat, dan gak akan terpengaruh orang akan ngomong seperti apa. Justru ini latihan buat nanda...bahwa di dunia ini gak semuanya seindah warna pelangi mom. Kelak nanda dewasa dia akan kuat menghadapi apapun.

    ReplyDelete
  23. Klo dikeluargaku, justru adik iparku yang suka banding2in Raz dg sepupunya yang lain..apalagi klo dah soal BB (Raz tergolong cowok langsing siy hihihi). Paling aku cuma senyum2 tipis aja...padahal dalam hati gondok :-D

    ReplyDelete
  24. iya sebel yah bun...tp kt para menaNTU CM BS BERSABAR...uhuhuhuuhuw...kl zaki dibanding2in gini: tu loh cucunya bu anu tu anteng gak ky zaki le pecicilan n ubeg wae...ukukukukuk...

    ReplyDelete
  25. wah jangan ditanya, pasti betenya luar biasa... untung mertua bukan typikal seperti itu. cucu2nya walopun berbeda, selalu diceritakan dari sisi positifnya.. jadi biar berbeda2 semua terlihat oke di mata mereka :))

    sabar ya mbak,,,,

    ReplyDelete
  26. Walaaah.. dimana2 memang sama ya...
    Di keluarga ku juga begitu, baik mertua atau kaka ipar selalu menjadi "Mrs. Comment" jika melihat ada anak lain yang tidak sesuai dengan "kriteria" dia, tidak sama lah, kurang inilah, seharusnya begitu lah... Tapi yang penting hasil akhir jeng, kash lihat anak kita nanti seperti apa dewasanya, pasti lebih hebat.. ok bos...;p

    ReplyDelete
  27. iya emang bikin esmosi kalo kek gt mb Esti. Ga usyah dimasukin hati..anggep aj mereka uda sepuh jd ga sadar kalo omongannya bikin bete!chéer up mb..

    ReplyDelete
  28. untung nya che che cucu tunggal...hehehehe
    kalo sya jadi bunda ya,saya bilang gini deh..
    **ini juga cucu akung loh,jadi apapun perkembangan nya akung juga harus ikutan dukung,jangan malah mojokin nanda!!!setiap anak tuh unik kung,setiap anak tuh berbeda,kalo semua anak sama bisa bingung kita ntar nya**
    jawaban yang sadis ya???hehehhee
    bis nya gregetan juga sih kalo liat ada baby yang di beda2 in!!!
    sabar ya bun:-)

    ReplyDelete
  29. ABSOLUTELY NOT..duuh paling ga suka aku kalo bagas di banding2in..Even itu mama ku ndiri yg kdg suka kelepasan,pasti lgsung ku protes..Hehe

    ReplyDelete
  30. Sabar Sis...
    Kadang secara tidak disengaja ...kita sebagai orang tua juga suka melakukan hal itu.
    Dengan membandingkan kakak dengan adik ataupun sebaliknya.
    Dan apa yang sis alami ini pernah juga kejadian sama aku...
    Dan anakku Ra sampai sekarang masih mengingat hal itu.

    Namun hal seperti ini ternyata juga dialami oleh keluarga-keluarga lain, kenapa saya bisa mengatakan hal ini ?, karena saya pernah baca di Majalah Parents Guide tentang situasi ini....
    Namun saya lupa tanggal terbitnya.

    Sabar sis....
    Setiap Anak itu Unik dan Berbeda
    Dan Mereka Lahir didunia ini adalah sebagai "P E M E N A N G"
    Kerena hanya merekalah yang telah berhasil sampai untuk bertemu dengan 1 sel telur.
    Sehingga mereka mengalahkan jutaan sperma lainnya

    Dan akhirnya...
    Lahirlah mereka di ke dunia...
    Sebagai PEMENANG

    Smile ...

    ReplyDelete
  31. sabar ya say.. yaa yg namanya manusia emg ga bisa sepenuhnya adil, penuh dgn keberpihakan, tmasuk gw hehe wlo emg ga etis siy ngomong gitu langsung aplg di dpn yg bersangkutan ;) dlm hal ini, diam adlh emas, biar aja waktu yg membuktikan bhw anak qt jg punya kelebihan ;)

    ReplyDelete
  32. hihihi.. sama bgt tu ky aku... tp bedanya yg suka banding2in anakku ya kaka iparku sendiri ke anaknya yg cuma beda 3 bulan dari aya...

    yah aya beratnya cuma segitu.. anakku donk udh segini padahal kan tuaan aya... dzigh..!! hati ibu mana yg ga bete digituin tp aku sih ta telen ajah dan akan membuktikan siapa yg jauh lebih berkualitas tumbuh kembangnya..

    aku sih ga mikir kasi makan anak spy anak gendut tapi mikir gmana kasi makan anak spy pinter dan kuat daya tahannya.. alhamdulillah insyaAllah mah aya unggul, dan ponakanku skarang picky eater euy..

    udah bun sabar ajaaaaa... muah muah..

    ReplyDelete
  33. Hehe, emg deh, nge bete-in klo dbanding2in.. Sabar ya bun, masuk telinga kanan keluar tlinga kanan.. Mental.Com..
    Anak is unik

    ReplyDelete
  34. Stiap anak berbeda.. Harusnya blaiu lebih ngerti.. kan udah duluan merasakan dan pengalaman..
    Sing sabar y mom.. ^^

    ReplyDelete
  35. aduuuh aku tau bgt perasaan ky gt sis... mertuaku jg suka gt. malah bandinginnya bukan ma cucunya yg laen, tp ma anak org. ga rela bgt rasanya! cm aku biasanya suka ga nahan tp krn takut dianggep kurang ajar jdnya aku ngomongnya pake nyindir hehe...

    ReplyDelete
  36. sama2, raka ku suka dibandingin ma cucunya dr ade iparku, ngomongnya tuch kaya gini, tuch rafi tuch cuman diajarin sekali udah langsung bisa. dalam harti emang anak gw ga kaya gitu. dia lebih pinter kali. jadi suka bersabar diri. kita harus sama2 bersabar y bun

    ReplyDelete
  37. sabar yah sis...
    bener tuh kata bunda2 diatas, setiap anak beda2..
    Untungnya mertuaku ga gitu... Malah mertuanya adek iparku yg suka bandingin Arsa sama cucunya ( ponakannya adek ipar ) *ribet yah* :D

    ReplyDelete
  38. terimakasih ya sist atas semua saran dan dukungannya. ini berarti aku ga sendirian. Thanks banget ya. muachhh......

    ReplyDelete
  39. Kl aku jelas nggk rela mba kl anakku di banding2kan,kl emosi salah ya sm orang tua,yg sabar aja ya mba..setiap anak kan puny kelebihan dan kekuranganny sendiri2 jd nggk bisa di banding2kan satu sama lain..

    ReplyDelete